10 Besar Pay Per View UFC

 

UFC makin menjadi salah satu ajang mixed martial arts (MMA) yang menarik minat penonton di seluruh dunia. Berikut jajaran 10 besar pay per view UFC sepanjang masa.

Conor McGregor pantas untuk terus bersikap sombong meski sudah dikalahkan Khabib Nurmagomedov. Pasalnya, ia memang terbukti jadi magnet besar di arena UFC. Dalam 10 besar pertarungan dengan pay per view terbesar, McGregor mencatatkan diri di lima pertarungan.

Kelima pertarungan McGregor itu bahkan menempati posisi tujuh besar dan tiga besar seluruhnya dikuasai laga yang melibatkan McGregor.

 

Berikut daftar 10 besar pay per view dalam sejarah UFC, dikutip dari tapology:

10. UFC 207 Amanda Nunes vs Ronda Rousey (2016)

Duel Amanda Nunes vs Ronda Rousey di UFC 207 menempati peringkat ke-10 dengan total pembelian pay per view mencapai 1,1 juta.

Duel ini sangat menarik karena melambangkan kekuatan baru lewat kehadiran Amanda Nunes dan bintang lama, Ronda Rousey. Upaya Rousey untuk bangkit di laga ini berakhir kegagalan.

Nunes menghajar Rousey hingga akhirnya wasit memutuskan menghentikan pertandingan dengan kemenangan TKO untuk Nunes dalam tempo 48 detik.

LAS VEGAS, NV - DECEMBER 30: (R-L) Amanda Nunes of Brazil punches Ronda Rousey in their UFC women's bantamweight championship bout during the UFC 207 event on December 30, 2016 in Las Vegas, Nevada.   Christian Petersen/Getty Images/AFPDua laga Ronda Rousey yang masuk 10 besar pay per view terbesar justru saat ia kalah. (Christian Petersen/Getty Images/AFP)

9. UFC 193 Ronda Rousey vs Holly Holm (2015)

Nama Ronda Rousey jadi alasan laga UFC 193 masuk jajaran pay per view terbesar dengan torehan 1,1 juta. Rousey sudah menjelma jadi bintang baru UFC karena dominasinya di nomor pertarungan putri.

Namun justru Rousey mengalami kejatuhan di laga ini. Catatan 12 kemenangan beruntun Ronda Rousey putus di laga ini. Tendangan Holly Holm yang diteruskan rentetan pukulan membuat Rousey kalah KO.

8. UFC 116 Brock Lesnar vs Shane Carwin (2010)

Setelah jadi bintang di gulat hiburan WWE, Brock Lesnar memutuskan terjun di pertarungan bebas di UFC dan sukses menjadi juara kelas erat. Laga UFC 116 adalah duel Brock Lesnar lawan Shane Carwin.

Setelah tukar pukulan, Brock Lesnar mampu melakukan takedown di ronde kedua dan mengakhiri perlawanan Carwin lewat kuncian arm triangle choke.

Pay per view laga ini mencapai 1,16 juta.

7. UFC 194 Jose Aldo vs Conor McGregor (2015)

UFC 194 antara Jose Aldo lawan Conor McGregor adalah penegasan kemunculan Conor McGregor sebagai bintang baru UFC.

McGregor hanya butuh 13 detik untuk merebut sabuk juara kelas bulu yang sebelumnya dimiliki oleh Jose Aldo. Sebuah pukulan telak dari McGregor membuat Jose Aldo terkapar.

Pay per view laga ini mencapai 1,2 juta.

NEW YORK, NY - NOVEMBER 10: UFC Featherweight Champion Conor McGregor addresses the media during the UFC 205 press conference at The Theater at Madison Square Garden on November 10, 2016 in New York City.   Michael Reaves/Getty Images/AFPPesona Conor McGregor turut mengangkat popularitas UFC. (Michael Reaves/Getty Images/AFP)

6. UFC 205 Eddie Alvarez vs Conor McGregor (2016)

Setelah merebut sabuk juara kelas bulu dan melakoni dua laga lawan Nate Diaz, Conor McGregor sudah jadi bintang utama UFC. Karena itu ketika ia dipertemukan lawan Eddie Alvarez yang berstatus juara kelas ringan, nama McGregor justru lebih tenar dibandingkan Alvarez.

McGregor sukses membuktikan bahwa ia tak hanya punya karisma melainkan juga kemampuan di octagon. McGregor menang lewat keputusan TKO usai kombinasi pukulannya membuat Alvarez terjungkal dan membuat wasit menghentikan pertandingan.

McGregor jadi petarung pertama yang mampu jadi juara dunia di dua kelas dalam waktu yang sama.

Pay per view laga ini mencapai 1,3 juta.

5. Kamaru Usman vs Jorge Masvidal (2020)

Duel ini merupakan laga dengan pay per view tertinggi di 2020 bahkan mengalahkan duel Khabib vs Gaethje yang digadang-gadang jadi pertarungan terbesar di tahun ini.

Dua petarung punya karakter yang kuat. Kamaru Usman adalah juara dunia kelas welter UFC sedangkan Masvidal adalah pemegang sabuk BMF dan punya rekor kemenangan KO tercepat di UFC.

LAS VEGAS, NEVADA - MARCH 02: Kamaru Usman of Nigeria celebrates after defeating Tyron Woodley in a welterweight title bout during UFC 235 at T-Mobile Arena on March 02, 2019 in Las Vegas, Nevada. Usman won by unanimous decision.   Isaac Brekken/Getty Images/AFPKamaru Usman mengalahkan Jorge Masvidal lewat kemenangan angka mutlak. (AFP/Isaac Brekken)

Pay per view laga ini mencapai 1,3 juta. Kamaru Usman akhirnya memenangkan laga ini dengan keputusan menang angka mutlak di akhir pertarungan.

4. UFC 100 (2009)

UFC 100 adalah duel UFC di 2009 yang memanggungkan sejumlah nama besar secara bersamaan di antaranya Brock Lesnar, Georges St-Pierre, dan Michael Bisping.

UFC 100 sempat memegang rekor pay per view dengan jumlah 1,3 juta sebelum akhirnya pecah oleh era Conor McGregor.

Brock Lesnar mengalahkan Frank Mir dengan kemenangan TKO sedangkan Georges St-Pierre menang angka mutlak atas Thiago Alves.

 

Sedangkan Michael Bisping kalah KO dari Dan Henderson.

NEW YORK, NY - NOVEMBER 04: Georges St-Pierre of Canada reacts following his victory over Michael Bisping of England in their UFC middleweight championship bout during the UFC 217 event at Madison Square Garden on November 4, 2017 in New York City.   Mike Stobe/Getty Images/AFPGeorges St-Pierre tampil di UFC 100. (Mike Stobe/Getty Images/AFP)

3. UFC 196 Conor McGregor vs Nate Diaz (2016)

Duel ini banyak dinantikan orang karena Conor McGregor ada di puncak kejayaan sedangkan Nate Diaz adalah sosok petarung yang selalu menghadirkan duel yang menghibur.

Laga ini digelar di kelas welter sehingga makin menarik karena McGregor harus naik dua kelas dari tempatnya biasa bertarung di kelas bulu.

McGregor sukses membuat wajah Nate Diaz berlumuran darah sejak ronde pertama. Dalam kondisi itu, McGregor terlihat lebih dominan.

Wajah Nate Diaz makin berlumur darah di ronde kedua terutama di bagian kanan wajahnya. Darah Nate Diaz bahkan menempel di beberapa bagian tubuh McGregor.

Dalam situasi sulit itu, Nate Diaz bisa membalikkan situasi. Bermula dari keberhasilannya mendaratkan sejumlah pukulan ke area wajah McGregor, Nate Diaz mulai bisa mendesak McGregor.

Upaya McGregor melakukan takedown pada Nate Diaz kemudian berubah jadi petaka. Nate Diaz berhasil mendapat posisi lebih baik dalam standing fight.

Setelah coba melakukan guillotine, Nate Diaz kemudian menghujani McGregor dengan pukulan sebelum mengakhiri perlawanannya dengan rear naked choke. Dengan wajah berlumuran darah, Nate Diaz berhasil memastikan kemenangan lewat submission.

Pay per view laga ini mencapai 1,317 juta dan penonton pun terpuaskan.

2. UFC 202 Nate Diaz vs Conor McGregor (2016)

Lima bulan setelah pertarungan pertama, rematch Nate Diaz lawan Conor McGregor. Berkaca pada keseruan duel pertama, laga ini laris manis.

Pay per view duel ini mencapai 1,6 juta dan menjadi rekor pay per view UFC selama dua tahun.

Duel Nate Diaz vs Conor McGregor 2 ini juga termasuk duel berdarah. Kedua petarung terus melakukan tukar pukulan.

Conor McGregor menunjukkan kehebatannya di standing fight dan sukses membuat wajah Nate Diaz berlumuran darah. McGregor juga tak mengulangi keteledoran seperti saat ia kalah di laga pertama.

Penonton dipuaskan oleh laga yang berlangsung hingga ronde kelima usai. Conor McGregor menang lewat angka mutlak setelah dua juri memberikan kemenangan untuk dirinya.

LAS VEGAS, NV - AUGUST 20: Conor McGregor (L) hits Nate Diaz with a left during their welterweight rematch at the UFC 202 event at T-Mobile Arena on August 20, 2016 in Las Vegas, Nevada.   Steve Marcus/Getty Images/AFPDua duel McGregor vs Nate Diaz laris diminati penggemar UFC. (Steve Marcus/Getty Images/AFP)

1. UFC 229 Khabib Nurmagomedov vs Conor McGregor (2018)

UFC 229 antara Khabib Nurmagomedov lawan Conor McGregor menempati daftar teratas dalam pay per view terbesar dengan catatan 2,4 juta.

Jumlah tersebut jelas jauh lebih unggul dari UFC 202 Nate Diaz vs Conor McGregor yang ada di posisi kedua.

Laga UFC 229 memang punya riwayat panjang untuk jadi laga terbesar sepanjang sejarah UFC. Banyak peristiwa yang mendorong laga ini panas dan layak disimak mulai dari penyerangan bus yang dilakukan McGregor terhadap Khabib hingga hinaan dan ejekan dari McGregor yang tak pernah berhenti ke arah Khabib.

Laga UFC 229 juga makin menarik karena McGregor akhirnya kembali ke octagon setelah terakhir kali tampil pada 2016. Sepanjang 2017, McGregor memang fokus untuk duel tinju lawan Floyd Mayweather sehingga absen dari UFC.

LAS VEGAS, NV - OCTOBER 06: Khabib Nurmagomedov of Russia is escorted out of the arena after defeating Conor McGregor of Ireland in their UFC lightweight championship bout by way of submission during the UFC 229 event inside T-Mobile Arena on October 6, 2018 in Las Vegas, Nevada.   Harry How/Getty Images/AFPDuel UFC 229 berakhir rusuh usai Khabib melompati octagon untuk menyerang Dillon Danis. (Harry How/Getty Images/AFP)

Khabib juga mulai mencuri perhatian karena ia mampu mempertahankan status tak terkalahkan 26 pertandingan dan berstatus sebagai juara baru kelas ringan.

Laga yang panas itu mencapai klimaks saat Khabib sukses membuat McGregor menyerah ketika terkena neck crank.

Tak sampai di situ, Khabib yang masih panas atas ejekan-ejekan McGregor melompati octagon usai menang dan menyerang Dillon Danis. Sejumlah rekan Khabib juga menyerang McGregor di dalam arena sehingga terjadi kerusuhan.

Hal itu jelas membuat UFC 229 jadi layak jadi laga yang paling dikenang di UFC.