3 Kontroversi Usai MU ke Puncak Klasemen Liga Inggris

 

Manchester United berhasil naik ke puncak klasemen Liga Inggris usai readyviewed mengalahkan Burnley 1-0 di Turf Moor pada pekan ke-18 Liga Inggris, Rabu (13/1) dini hari WIB.

MU meraih kemenangan usai mengatasi perlawanan gigih yang ditunjukkan The Clarets selama 90 menit. Gol penentu kemenangan The Red Devils diciptakan Paul Pogba lewat tendangan voli pada menit ke-71.

Tambahan tiga poin membuat MU mengoleksi 36 poin dari 17 pertandingan. Setan Merah unggul tiga poin atas Liverpool yang harus rela turun ke posisi kedua.

 

Kemenangan MU atas Burnley turut diwarnai kontroversi. Berikut tiga kontroversi yang muncul di laga tersebut:

1. Tekel Keras Shaw

Kontroversi pertama muncul saat Shaw melanggar dengan keras gelandang Burnley, Gudmunsson. Shaw melakukan tekel telat yang membuat Gudmunsson terkapar di daerah permainan MU.

Namun, wasit Kevin Friend tetap membiarkan permainan berlanjut hingga terjadinya serangan balik MU. Sang pengadil baru melakukan pengecekan lewat VAR setelah permainan berhenti.

Setelah melihat VAR, wasit memberikan kartu kuning untuk Shaw. Bek asal Inggris itu pun tergolong beruntung tidak diusir wasit setelah pelanggaran keras yang dilakukannya.

2. Cavani Dilanggar Dekat Kotak Penalti

Momen pelanggaran ini terjadi saat wasit melanjutkan permainan usai tekel keras Shaw kepada Gudmunsson. Cavani berlari ke area pertahanan Burnley usai menerima umpan panjang dari Bruno Fernandes.

Cavani coba diadang oleh Robbie Brady tetapi penyerang asal Uruguay itu bisa berkelit. Cavani mengolongi Brady yang dengan terpaksa menjegal Cavani agar tidak masuk ke kotak penalti Burnley.


3. Gol Maguire Dianulir Wasit
Wasit lantas memberikan kartu kuning kepada Brady yang berdiri sebagai orang terakhir. Namun, kartu kuning itu dianulir oleh Friend setelah melihat VAR karena pelanggaran yang dilakukan Brady terjadi setelah tekel keras yang dilakukan Shaw kepada Gudmunsson.

Harry Maguire berhasil membobol gawang Burnley melalui sundulan usai menerima umpan Shaw pada menit ke-36. Akan tetapi gol itu dianulir karena Maguire dianggap mendorong Erik Pieters sebelum mencetak gol.

Keputusan wasit pun terbilang kontroversial karena kontak yang dilakukan Maguire kepada Pieters terbilang minimal. Maguire juga sudah unggul lompatan dari Pieters sehingga dengan mudah mengarahkan bola ke tiang jauh yang menggetarkan gawang Burnley.

Namun, wasit menilai Maguire melanggar Friend karena melakukan dorongan. Keputusan wasit itu pun sempat mengundang reaksi dari Maguire yang merasa tidak melakukan pelanggaran apapun.