3 Kuda Hitam Liga Inggris Penantang Liverpool-Tottenham

 

Persaingan gelar Liga Inggris musim ini diyakini akan terjadi antara Liverpool dan Tottenham Hotspur. Namun ada tiga tim Kuda Hitam yang mampu mengganggu langkah Liverpool dan Spurs atau bahkan menjadi juara musim ini.

readyviewed Liverpool kembali ke puncak klasemen setelah mengalahkan Tottenham 2-1 di Stadion Anfield, Kamis (17/12) dini hari WIB. Liverpool berada di puncak dengan 28 poin, unggul tiga poin atas Tottenham.

Namun, persaingan gelar Liga Inggris ini terbilang sangat ketat. Pasalnya, jarak antara Liverpool di puncak dengan Wolverhampton Wanderers hanya terpaut delapan poin dengan musim baru berjalan 13 laga.

 

Jika melihat penampilan hingga matchday ke-13 Premier League 2020/2021, setidaknya ada tiga tim Kuda Hitam yang bisa menjadi penantang Liverpool dan Tottenham. Berikut tiga tim Kuda Hitam tersebut:

1. Southampton

Soton yang dilatih Ralph Hasenhuttl naik ke peringkat tiga klasemen Liga Inggris setelah bermain imbang 1-1 melawan Arsenal dini hari tadi. Southampton meraih 7 kemenangan, 3 hasil imbang, dan 3 kekalahan dari 13 pertandingan sejauh ini.

2. Leicester CitySalah satu kekuatan Southampton musim ini adalah lini depan yang tajam. Selain Liverpool dan Chelsea, tidak ada tim yang mampu lebih tajam daripada Soton musim ini dengan torehan 25 gol.

Juara Liga Inggris 2015/2016 ini sebenarnya bisa naik ke peringkat dua klasemen, namun kalah 0-2 dari Everton dini hari tadi. The Foxes layak disebut sebagai tim Kuda Hitam karena mampu menjadi tim dengan jumlah kemenangan terbanyak dari 13 laga bersama Liverpool (8 kemenangan).

Leicester's Harvey Barnes, right, scores his side's first goal during the English Premier League soccer match between Leicester City and Fulham at the King Power Stadium in Leicester, England, Monday, Nov. 30, 2020. (Michael Regan/Pool Photo via AP)Leicester City masuk daftar kuda hitam Liga Inggris musim ini. (AP/Michael Regan)

Satu-satunya kelemahan Leicester sejauh ini adalah terlalu sering membuang peluang jika bermain di kandang. Dari lima kekalahan Leicester musim ini, empat di antaranya terjadi ketika tim asuhan Brendan Rodgers bermain di kandang. Hanya ketika dijamu Liverpool, 22 November lalu, Leicester kalah di laga tandang.

3. Everton

Everton sempat memuncaki klasemen hingga pekan kelima Liga Inggris musim ini. Namun, setelah tiga kekalahan beruntun dari Soton, Newcastle United dan Manchester United, Everton turun ke papan tengah.

Belakangan tim asuhan Carlo Ancelotti mampu bangkit setelah meraih dua kemenangan beruntun atas Chelsea dan Leicester City. Everton saat ini berada di posisi lima dengan 23 poin. Jika pemain kunci Everton, seperti James Rodriguez, bebas dari cedera maka The Toffees bisa menjadi kandidat juara musim ini.