4 Bek Inti Cedera, Pertahanan Liverpool dalam Keadaan Darurat

BADAI cedera belum mau meninggalkan Liverpool. The Reds –julukan Liverpool– kembali kehilangan pemainnya karena cedera setelah menjalankan tugas internasional bersama negaranya masing-masing.

Teranyar, dua pemain Liverpool yang menderita cedera, adalah Andy Robertson dan Jordan Henderson. Robertson dikabarkan mengalami cedera hamstring bersama Skotlandia dan Henderson bermasalah dengan ototnya saat main untuk Inggris.

Jordan Pickford tekel Virigil van Dijk (Foto: Twitter/@BBCSport)

Liverpool memiliki pengganti untuk Henderson di lini tengah karena ada James Miler yang bisa menggantikan perannya. Akan tetapi, kehilangan Robertson sangatlah mengkhawatirkan.

Cederanya Robertson membuat Liverpool telah kehilangan semua bek intinya. Sebelumnya, Joe Gomez, Trent Alexander-Arnold, dan Virgil van Dijk lebih dulu masuk ruang perawatan.

 

Gomez menderita cedera pada otot tendon lutut kirinya dan Van Dijk mengalami cedera ACL pada lutut kanannya. Mereka diperkirakan absen panjang pada musim 2020-2021. Sementara itu, Trent harus istirahat selama empat minggu untuk memulihkan dirinya dari cedera betis.

Absennya empat bek inti membuat pertahanan Liverpool dalam keadaan darurat. Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, harus memilih para pemain dari bangku cadangan untuk membentuk barisan pertahanan baru di depan gawang Alisson Becker.

Pos bek kanan bisa dipercayakan Klopp kepada pemain muda, Neco Williams, atau Milner yang juga kerap bermain di posisi itu. Sementara itu, Klopp mungkin memilih duet Joel Matip dengan Nathaniel Phillips atau Rhys Williams di jantung pertahanan Liverpool. Lalu, Klopp diprediksi akan mempercayakan posisi bek kiri kepada Konstantinos Tsimikas.

Komposisi itu belum teruji karena Klopp belum pernah memainkan para pemain itu bersamaan dalam satu pertandingan. Kesempatan untuk menguji ketangguhan barisan pertahanan baru Liverpool adalah saat melawan Leicester City di Liga Inggris 2020-2021.

Liverpool akan melawan Leicester di Anfiled Stadium, Senin 23 November 2020, dini hari WIB. Kemenangan dalam pertandingan itu sangat penting bagi kedua tim karena yang dipertaruhkan adalah pucuk klasemen sementara. Liverpool yang menempati posisi ketiga dengan koleksi 17 poin, tertinggal satu angka saja dari Leicester di peringkat pertama.

Selain klasemen sementara, pertandingan kontra Leicester juga mempertaruhkan rekor tidak terkalahkan Liverpool dalam 63 laga kandang Liga Inggris. Jika menilik kondisi sekarang, The Foxes –julukan Leicester– punya peluang untuk mempermalukan Liverpool di kandang sendiri.