4 Kandidat Pengganti Sergio Ramos di Real Madrid untuk Jangka Panjang

Sergio Ramos dan Real Madrid belum ada kesepakatan baru terkait kontraknya di Estadio Santiago Bernabeu. Bek asal Spanyol ini tinggal menyisakan masa kontrak hingga akhir musim ini.

Sergio Ramos bisa saja melakukan pembicaraan dengan klub lain selama jendela transfer Januari mendatang jika dia mau. Namun, ada optimistme yang kuat Los Blancos akan memperpanjang kontrak sang kapten setelah musim panas 2021.

Usai Ramos tidak muda lagi. Pada Maret mendatang ia akan berusia 35 tahun. Meski kini dia masih menjadi pemain penting di skuad Zinedine Zidane, kariernya sebagai pemain akan berakhir seiring bertambahnya umur.

Apakah Los Blancos akan beralih ke pemain lain dalam jangka pendek atau jangka panjang, tentunya bakal ada pemain penggantinya. Marca melihat empat pemain ini mungkin untuk menggantikan peran Ramos jika dia pergi.

Pau Torres

Bek Villarreal memulai debutnya bersama tim nasional Spanyol pada dua pertandingan Nations League bersama Ramos di posisi bek tengah. Pemain berusia 23 tahun ini telah membuktikan dirinya sebagai salah satu bek tengah terbaik di La Liga Spanyol dalam beberapa musim terakhir. Sebagai pemain kaki kiri, dia tidak akan memiliki masalah menggantikan Ramos di formasi empat bek Real Madrid.

“Dia seorang kapten yang membuat hidup di kamp tim nasional sangat mudah dan dia melakukan hal yang sama di lapangan, di mana saya selalu mencoba mencontohnya,” kata Pau kepada Onda Cero saat berbicara soal Ramos pada November lalu.

Pau menandatangani perpanjangan kontrak dengan Villarreal pada 2019 yang membuatnya akan bertahan hingga 2024. Klausul pelepasannya adalah 50 juta euro, meski kini melonjak menjadi 65 juta euro dalam 15 hari terakhir jendela transfer.

David Alaba

Pemain kaki kiri lain, Alaba bisa saja tiba di Real Madrid sebelum Ramos pergi. Kontrak pemain Austria di Bayern Munich ini akan berakhir pada akhir musim ini dan Los Blancos menjadi salah satu klub yang tertarik memboyongnya.

Awalnya, pemain berusia 28 tahun itu bermain di posisi bek kiri. Namun, kini ia menjelma menjadi salah satu pemain bek tengah paling konsisten di Eropa di bawah asuhan Hansi Flick, memenangkan Liga Champions keduanya Bayern pada 2019/2020.

Zidane akan mendapatkan bek siap pakai jika dia merekrut Alaba yang mempunyai keunggulan dalam kecepatan dan antisipasi.

Jules Kounde

Setelah mengontrak Ramos dari Sevilla pada 2005, Los Blancos bisa kembali mencari bek tengah baru di Estadio Ramon Sanchez-Pizjuan. Kounde dikaitkan dengan kepindahannya ke Manchester City pada musim panas lalu, dan kebijakan transfer Sevilla didasarkan pada pembelian murah dengan penjualan tinggi.

Saat City mencoba berkomunikasi dengan Sevilla pada musim panas lalu, direktur olahraga Monchi menunjuk pada klausul pelepasan Kounde sebesar 90 juta euro. Untuk bisa memboyong pemain 22 tahun itu dari klub Andalusia itu bisa menjadi tugas yang sulit untuk saat ini. Dia memiliki kontrak hingga 2024.

Eder Militao

Real Madrid menghabiskan 50 juta euro untuk merekrut pemain Brasil itu dari Porto pada 2019 dengan mempertimbangkan karier jangka panjang. Namun, sampai saat ini, pemain berusia 22 tahun itu belum bisa melewati Ramos atau Raphael Varane sebagai pasangan bek tengah pilihan pertama Zidane.

Ketika Militao bermain, dia terlihat goyah, terutama saat berpasangan dengan Varane. Dengan melihat itu, bukan pertanda bagus jika Los Blancos memproyeksikannya sebagai penerus Ramos. Apalagi, ketika Ramos cedera beberapa waktu lalu, Zidane memilih memasang Nacho Fernandez sebagai bek tengah kiri berpasangan dengan Varane.