5 Pelatih yang Jamin Manchester United Raih Banyak Gelar

POSISI Ole Gunnar Solskjaer sebagai pelatih Manchester United sedang menjadi perbincangan. Hasil buruk yang dialami Manchester United dalam dua laga terakhir, membuat posisi Solskjaer sebagai juru taktik Setan Merah terancam.

Nama Mauricio Pochettino disebut-sebut akan menjadi suksesor Solskjaer jika nantinya pelatih berpaspor Norwegia itu dipecat Man United. Namun, sejumlah netizen yang merupakan fans Man United, tidak sepakat jika Pochettino yang ditunjuk menggantikan posisi Solskjaer.

Sebab, Pochettino tidak berpengalaman memenangkan trofi. Semenjak menjadi pelatih pada 2009, tak ada trofi yang dimenangkan Pochettino. Karena itu, kali ini Okezone coba menampilkan sejumlah pelatih yang akrab dengan gelar juara, dan kebetulan tidak terikat kontrak dengan klub mana pun saat ini.

Berikut 5 pelatih yang jamin Manchester United raih banyak gelar:

 

5. Massimiliano Allegri (14 Gelar)

Massimiliano Allegri

Semenjak menjadi pelatih pada 2003, sudah 14 gelar dimenangkan Allegri. Dari 14 gelar itu, 11 di antaranya dicetak Allegri bersama Juventus.

Saat ini Allegri tercatat sebagai pelatih dengan koleksi gelar Liga Italia kedua terbanyak dengan raihan enam trofi. Ia hanya kalah satu trofi dari pelatih legendaris Italia, Giovanni Trapattoni.

4. Luciano Spalletti (7 Gelar)

Luciano Spalletti

Spalletti tercatat memenangkan tujuh gelar, semenjak berkarier sebagai pelatih pada 1994. Dari tujuh gelar itu, empat di antaranya didapatkan Spalletti ketika membesut Zenit st Petersburg.

 

Hal itu setidaknya merupakan modal kelayakan Spalletti menangani klub sebesar Man United. Saat ini selepas dipecat Inter Milan pada musim panas 2019, pelatih berkepala plontos ini belum menangani klub mana pun.

3. Ernesto Valverde (10 Gelar)

Ernesto Valverde

Ernesto Valverde tidak bisa dikatakan gagal bersama Barcelona. Dalam 2,5 tahun mengabdi di Camp Nou, Valverde memberikan lima trofi bagi Barcelona, termasuk dua gelar Liga Spanyol. Karena itu, Valverde yang akrab dengan gelar juara diprediksi cocok bagi Man United yang kesulitan meraih trofi dalam beberapa musim terakhir.

Kehebatan Valverde meraih trofi pun tidak hanya dilakukan bersama Barcelona saja. Pelatih berpaspor Spanyol itu pernah membawa Olympiakos tiga kali juara Liga Yunani, dan mengantarkan Athletic Bilbao juara Piala Super Spanyol 2015. Karena itu, Valverde bisa disebut sebagai pelatih jaminan juara.

2. Leonardo Jardim (5 Gelar)

Leonardo Jardim

Jardim membuat gebrakan pada 2016-2017. Membesut AS Monaco, pelatih berpaspor Portugal itu membawa sang klub juara Liga Prancis 2016-2017, mengalahkan tim kuat Paris Saint-Germain.

Di musim tersebut, Jardim juga membawa Monaco lolos ke semifinal Liga Champions 2016-2017. Jardim merupakan pelatih pertama yang berani memainkan Kylian Mbappe di level profesional. Berhubung Man United kerap mengandalkan pemain muda, Jardim dapat dijadikan pilihan.

1. Laurent Blanc (15 Gelar)

Laurent Blanc

Sejak memutuskan mundur dari kursi kepelatihan Paris Saint-Germain (PSG) pada Juni 2016, Blanc memang belum lagi melatih klub ataupun tim nasional (Timnas) manapun. Padahal, nama Blanc kerap kali dikait-kaitkan dengan sejumlah tim papan atas.

Salah satu rumor yang kerap membawa-bawa nama Blanc adalah ketika Jose Mourinho dipecat oleh Manchester United. Blanc pun kabarnya masuk dalam daftar calon pelatih anyar Man United, meski pada akhirnya Ole Gunnar Solskjaer yang terpilih.

Dengan gaya melatih dan pengalamannya menangani pemain bintang, Blanc diyakini layak membesut tim-tim papan atas saat ini. Ketika aktif sebagai pelatih dari 2007 hingga 2016, Blanc meraih 16 trofi. Dari 16 trofi itu, 11 di antaranya didapatkan bersama PSG (2013-2016).