6 Pesepakbola yang Bela Muslim Uighur, Griezmann yang Terbaru

 

Sejumlah pesepakbola mendukung pembebasan Muslim Uighur dari penindasan. Terbaru, striker Barcelona Antoine Griezmann ikut memperjuangkan kebebasan hak asasi manusia.

Antoine Griezmann rela memutus kerja sama dengan perusahaan teknologi asal China, Huawei, demi membela Muslim Uighur.

Sebelum Griezmann, beberapa pesepakbola ambil bagian mendukung Muslim Uighur terbebas dari penderitaan di China.

 

Para bintang lapangan hijau itu menyuarakan kegelisahan mereka lewat media sosial. Sebagian mengunggah foto yang hanya disertai tanda pagar #freeuyghur, namun bintang lain memberikan keterangan pada unggahan fotonya itu.

Pesepakbola pendukung Muslim Uighur:

1. Mesut Ozil

Ozil jadi bintang sepak bola yang mengawali perlawanan penindasan terhadap Muslim Uighur. Pemain asal Jerman itu menuliskan pembelaannya lewat Instagram.

“Alquran dibakar. Masjid-masjid ditutup. Sekolah-sekolah Muslim dicekal. Cendekiawan agama dibunuh. Saudara-saudara dipaksa dikirim ke kemah-kemah,” tulis Ozil.

2. Demba Ba

Mantan pemain Chelsea yang kini berkostum Istanbul Basaksehir, Demba Ba juga mengutuk perlakuan China terhadap Muslim Uighur.

“Kapan kita akan melihat seluruh dunia membela Muslim?” ucap Demba Ba.

“Saya harus mencoba mengatur sesuatu agar para pemain sepak bola bisa berkumpul, dan juga membicarakan masalah ini, karena tidak banyak orang yang mau melakukannya,” ucap Ba menambahkan.

3. Franck Ribery

Seperti Ozil, Ribery juga mengunggah foto kotak biru langit yang disertai tagar #freeuyghur, #freeuyghurs, dan #freeouïghours.

Lewat akun Twitter, gelandang Galatasaray Sofiane Feghouli juga menyuarakan dukungan untuk Muslim Uighur di China. Unggahan dengan ejaan alternatif Uighur itu guna mengingatkan kesadaran akan masalah yang dihadapi minoritas di China.4. Sofiane Feghouli

5. Antoine Griezmann

Griezmann membuat pengorbanan besar dengan rela memutus kerja sama dengan Huawei demi membela hak Muslim Uighur di China.

Koulibaly juga memperjuangkan kebebasan Muslim Uighur di media sosial. Akan tetapi, pemain Napoli itu lantas mendapatkan pelecehan usai unggahannya tersebut. Koulibaly akhirnya menghapus dukungan tersebut.6. Kalidou Koulibaly

Pemain lain yang sempat memberikan dukungan untuk Muslim Uighur di media sosial lalu menghapusnya kembali adalah Ousmane Dembele dan Riyad Mahrez.