7 Fakta Menarik Jelang PSG vs Bayern di Liga Champions

Pertandingan Paris Saint-Germain vs Bayern Munchen akan terjadi dalam leg kedua perempat final Liga Champions. Berikut tujuh fakta menarik jelang PSG vs Bayern di Liga Champions.

PSG telah mengamankan leg pertama dengan kemenangan 3-2. Dua gol Kylian Mbappe dan sebuah gol Marquinhos membuat raksasa Prancis berada di atas angin.

Sementara gol dari Eric Maxim Choupo-Mouting dan Thomas Muller tak bisa menolong Munchen dari kekalahan di leg pertama, tapi tetap bisa menumbuhkan asa mempertahankan gelar juara.

 

Pada leg kedua perempat final Liga Champions, PSG akan menjamu Bayern di Stadion Parc des Princes, Rabu (14/4) dini hari waktu Indonesia.

Berikut tujuh fakta menarik jelang PSG vs Bayern di leg kedua perempat final Liga Champions:

1. Muller yang mencetak gol untuk Bayern pada leg pertama sudah memainkan 123 pertandingan di pentas Liga Champions dan menjadi pemain Jerman terbanyak yang tampil di ajang bergengsi sepak bola Eropa tersebut.

Setelah Muller terdapat Manuel Neuer yang berlaga sebanyak 118 kali, serta eks bek Munchen Philipp Lahm dengan koleksi caps 112 kali di Liga Champions.

Kali terakhir Bayern bisa membalas kekalahan di kandang pada leg pertama dan melaju ke fase selanjutnya adalah di Piala UEFA 1995/1996. Setelah kalah 0-1 dari Lokomotiv Moscow, Bayern kemudian menang 5-0 di laga tandang.2. Dalam sejarah keikutsertaan di kompetisi UEFA, Bayern pernah menelan enam kekalahan dalam leg pertama dan bisa membalikkan keadaan dua kali.

3. Bayern selalu kalah dari PSG dalam empat pertandingan di Stadion Parc des Princes, namun Bayern pernah merengkuh gelar Liga Champions ketika masih dikenal dengan nama Piala Eropa pada 1975.

4. Pertandingan bisa saja ditentukan melalui babak adu penalti. Rekor adu penalti PSG di pentas Eropa adalah sekali kalah dan belum pernah menang.

Sementara Bayern lebih berpengalaman dalam adu penalti di ajang UEFA dengan catatan lima kali menang dan sekali kalah.

 

5. Duel melawan Bayern merupakan laga perempat final ketujuh dalam sejarah PSG di Liga Champions. Dalam enam kesempatan sebelumnya, PSG lolos ke semifinal dua kali.

6. Dalam keikutsertaan di kompetisi UEFA, PSG nyaris selalu lolos ke fase selanjutnya dalam format dua leg setelah memenangi laga tandang di leg pertama.

Dari 17 kemenangan di laga tandang pada leg pertama, Les Parisiens berhasil melaju ke babak selanjutnya sebanyak 16 kali.

Satu-satunya pengecualian adalah saat bertemu Manchester United pada 16 besar Liga Champions 2018/2019. Ketika itu PSG sudah mengantongi kemenangan 2-0 di Old Trafford, namun kalah 1-3 di Parc des Princes.

Banner Video Highlights MotoGP 2021

7. Mbappe yang mencetak dua gol dalam leg pertama sudah mengoleksi 15 gol dalam 11 laga terakhir di Paris.

Sementara total gol Mbappe di fase knockout Liga Champions sudah mencapai 13. Di antara pemain Prancis, hanya Karim Benzema yang bisa melewati jumlah gol tersebut. Benzema sudah 19 kali membobol gawang lawan di fase gugur.

Mbappe total sudah mencetak 21 gol di Liga Champions dan menjadi pemain kedua tersubur dalam sejarah PSG di kompetisi antarklub Benua Biru setelah Edinson Cavani yang menyarangkan 30 gol.