Alasan 6 Tim Liga Inggris Tinggalkan European Super League

Sebanyak enam tim Liga Inggris memilih meninggalkan European Super League setelah dijanjikan dana besar oleh UEFA.

Tim-tim asal Inggris itu berbondong-bondong keluar dari Super League pada Selasa (20/4) malam waktu setempat atau Rabu (21/4) dini hari waktu Indonesia.

Manchester City jadi tim Inggris pertama yang pergi dari rencana kompetisi baru itu. Lalu diikuti rival sekota mereka, Manchester United, Liverpool, Chelsea, hingga Arsenal dan Tottenham Hotspur.

 

Keluarnya big six dari Negeri Ratu Elizabeth itu membuat rencana European Super League goyah. Liga yang dianggap memisahkan diri dari UEFA itu akhirnya memutuskan menunda proyek tersebut.

Dikutip dari Mundo Deportivo, UEFA menjanjikan dana besar kepada enam klub Inggris itu agar keluar dari European Super League.

Akan tetapi, tawaran serupa tidak sampai kepada klub-klub asal Spanyol yang selama ini dipandang sebagai musuh utama UEFA.

Meski demikian, laporan tersebut menyebutkan, mundurnya klub-klub Inggris itu belum mutlak. Besarnya proyek di European Super League memberikan kemungkinan klub-klub asal Inggris itu akan kembali lagi.

Sampai dengan saat ini, Barcelona dan Real Madrid disebut merasa lebih nyaman menjalankan kompetisi baru di Super League.

readyviewed European Super League dibentuk oleh 12 klub yang terdiri dari: 6 klub Liga Inggris, 3 klub Liga Spanyol, dan 3 klub Liga Italia.

 

Sejauh ini, baru klub-klub asal Inggris yang mengundurkan diri. Sementara itu, enam klub lain: Barcelona, Madrid, Atletico Madrid, AC Milan, Inter Milan, dan Juventus masih bertahan.