Amad Diallo, ‘Messi Baru’ Milik Manchester United

Manchester United resmi mendaratkan pemain muda 18 tahun Amad Diallo Traore dari Atalanta di bursa transfer Januari ini. Pemain berpaspor Italia itu disebut-sebut the next Lionel Messi.

Diallo lahir Abidjan, Pantai Gading, 11 Juli 2012. Dia main di tim junior Atalanta sejak 2012. Permainannya meningkat pesat. Pada 2019 dia menyelesaikan 46 laga di Atalanta Primavera dengan koleksi 13 gol dan 15 assist.

Gaya main Diallo yang mengandalkan kelincahan, kecepatan, dan penetrasi ini disebut-sebut mirip Messi. Apalagi, Diallo juga berposisi alami sayap kanan, sama dengan La Pulga.

Karena penampilan impresifnya, Atalanta memasukkan Diallo ke skuad utama pada 2019. Dia melakoni debut bersama La Dea kala melawan Udinese pada Oktober 2019.

Man Utd dikabarkan sudah lama ngebet dengan Diallo. Negosiasi kedua tim bahkan disebut-sebut sudah dilakukan sejak bursa transfer musim panas lalu.Diturunkan di menit 79, Diallo langsung bikin gol di menit 85 yang kemudian memecahkan rekor sebagai pemain pertama kelahiran 2002 yang bisa mencetak gol di Liga Italia.

Hingga akhirnya kesepakatan terjadi dan Diallo resmi milik Setan Merah per Januari ini. Kabarnya dia dibeli dengan harga 21 juta euro atau Rp359 miliar dengan tambahan 20 juta euro. Di Man Utd dia dikontrak hingga Juni 2025.

Pelatih Man Utd Ole Gunnar Solskjaer gembira dengan kedatangan Diallo yang sudah sepakat pindah sejak Oktober 2020 lalu. Menurutnya Diallo punya masa depan cerah.

“Sebagai sebuah klub, kami telah mengikuti Amad selama beberapa tahun terakhir dan menyaksikannya sendiri, saya yakin dia adalah salah satu prospek muda yang paling menarik dalam permainan ini,” kata Solskjaer dikutip dari Manchester Evening.