Arteta Bisa Dipecat Arsenal Gara-gara Salah Pilih Kiper

 

Pelatih Mikel Arteta bisa dipecat Arsenal karena salah pilih kiper pada laga perempat final Piala Liga Inggris melawan Manchester City di Stadion Emirates, Rabu (23/12).

Dalam laga krusial itu Arteta memilih memainkan kiper cadangan Alex Runarsson dengan menyimpan Bernd Leno yang kemungkinan dipersiapkan guna melawan Chelsea, akhir pekan ini.

Akan tetapi, performa Runarsson justru tidak begitu positif saat melawan Man City. Kiper asal Islandia itu salah membaca pergerakan Gabriel Jesus yang mencetak gol pembuka bagi tim tamu pada menit ketiga.

 

Runarsson terlambat menepis bola dan juga dalam menutup ruang bagi Gabriel sebelum sundulannya membobol gawang The Gunners.

Kesalahan lain yang dibuat kiper 25 tahun itu saat mengantisipasi tendangan bebas Riyad Mahrez di menit ke-54. Runarsson sebenarnya dalam posisi yang tepat saat Mahrez melepaskan tendangan bebas kaki kiri dari luar kotak penalti.

Hanya saja, mantan kiper Dijon itu ingin menangkap bola sepakan Mahrez. Sayangnya, bola tendangan Mahrez berputar terlalu kencang, sehingga mengalir deras masuk ke gawang.

Situs Whoscored mencatat, dua gol The Citizens itu merupakan kesalahan dari Runarsson. Blunder tersebut memperpanjang rapor buruk Arsenal di musim ini yang menelan tiga kekalahan dari lima laga terakhir di semua ajang, dengan empat laga terakhir tanpa kemenangan.

Hasil buruk tersebut membuat Arteta makin dalam sorotan dan terancam didepak manajemen klub asal London Utara itu.

 

Dikutip dari Mirror, Arteta mengakui memainkan Runarsson karena ingin memberikan jam terbang lebih kepada kiper kelahiran Reykjavik itu.Meski demikian, peran Runarsson dengan membuat tiga penyelamatan juga menghindarkan Arsenal dari kebobolan banyak gol.

“Dia tidak banyak bermain bersama kami, dia hanya beradaptasi dengan liga. Kami semua melakukan kesalahan, dan kami harus mendukungnya,” kata Arteta.

“Dia butuh istirahat juga, dan kami ingin memberikan kesempatan kepada beberapa pemain lain. Alex melakukannya dengan baik di pertandingan lain, dan hal-hal ini terjadi di sepak bola,” tutur Arteta.Pelatih asal Spanyol itu tidak membantah ingin memainkan Bernd Leno melawan Man City. Tetapi, ia juga harus memberikan istirahat kepada kiper asal Jerman tersebut.