Barcelona Sangat Sial, Ditunggu 6 Lawan Berat

 

Barcelona menjadi salah satu klub paling sial di babak 16 besar Liga Champions setelah ditunggu enam calon lawan berat di babak knockout.

Barcelona lolos ke babak 16 besar Liga Champions sebagai runner-up Grup G setelah pada pertandingan terakhir dikalahkan Juventus 0-3 di Camp Nou, Selasa (8/12).

Kondisi itu membuat Barcelona dalam posisi sulit di babak 16 besar. Pasalnya, Lionel Messi sudah ditunggu enam calon lawan berat pada undian yang akan berlangsung Senin (14/12).

 

Enam calon lawan berat Barcelona di babak 16 besar Liga Champions musim ini adalah Bayern Munchen, Liverpool, Manchester City, Paris Saint-Germain, Chelsea, dan Borussia Dortmund.

Munchen merupakan juara Grup A, Liverpool juara Grup D, Man City juara Grup C, PSG juara Grup H, Chelsea juara Grup E, dan Dortmund juara Grup F. Dua juara grup yang tidak bisa ditemui Barcelona di babak 16 besar adalah Juventus (Grup G) dan Real Madrid (Grup B).

Munchen merupakan tim yang mengalahkan Barcelona di babak perempat final Liga Champions musim lalu. Ketika itu Barcelona dipermalukan Munchen 2-8 dalam pertandingan satu leg.

Barcelona juga dikalahkan Liverpool pada babak semifinal Liga Champions musim 2018/2019. Sementara Chelsea pernah mempermalukan Barcelona pada semifinal Liga Champions 2011/2012.

Pada musim yang diyakini akan jadi musim terakhir Lionel Messi di Barcelona, Azulgrana harus melalui jalan terjal untuk bisa menjadi juara Liga Champions.

Leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2020/2021 dijadwalkan berlangsung 16, 17, 23, dan 24 Februari 2021. Sementara leg kedua akan berlangsung pada 9, 10, 16, 17 Maret 2021.Barcelona sebenarnya sempat berada di puncak klasemen Grup G sebelum melawan Juventus di laga terakhir. Namun, tim asuhan Ronald Koeman itu kembali menunjukkan performa tidak konsisten dan kalah 0-3 dari Si Nyonya Tua.