Barcelona vs Sociedad: Blaugrana Pertahankan Garis Nyawa

 

Barcelona akan menjamu Real Sociedad di Camp Nou, Kamis (17/12) dini hari WIB. Duel ini bisa jadi penentuan langkah Blaugrana musim ini.

Barcelona yang biasanya jadi langganan perburuan gelar juara justru saat ini ada di posisi kedelapan. Sebaliknya, Real Sociedad justru kini jadi pemuncak klasemen dengan nilai 26 poin, unggul sembilan angka atas Barcelona.

Dengan kondisi tersebut, laga ini jadi salah satu penentu garis nyawa Barcelona dalam perburuan gelar Liga Spanyol.

 

Bila Barcelona menang, mereka masih bisa berharap ikut dalam perburuan gelar juara. Namun andai gagal menang di laga ini, Barcelona mulai harus bersikap realistis dalam perburuan gelar La Liga.

Real Sociedad's Mikel Merino celebrates his goal during the Spanish La Liga soccer match between Real Sociedad and Real Madrid at Anoeta stadium, San Sebastian, Spain, Sunday, June 21, 2020. (AP Photo/Alvaro Barrientos)Real Sociedad jadi pemuncak klasemen La Liga saat ini. (AP/Alvaro Barrientos)

Dalam rekor pertemuan di Camp Nou, Barcelona punya catatan yang apik. Barcelona selalu menang dalam 24 laga kandang melawan Real Sociedad. Terakhir kali Sociedad bisa pulang dengan tidak mengantongi kekalahan adalah pada 1995 ketika mereka bermain imbang 1-1.

Namun keperkasaan Barcelona tersebut terancam runtuh pada laga kali ini. Pasalnya, Sociedad sudah terbukti bisa tampil konsisten hingga La Liga menjalani 13 pertandingan. Di kompetisi Liga Europa, Sociedad pun terbukti bisa lolos ke babak 32 besar.

Pelatih Barcelona Ronald Koeman bahkan sudah mewaspadai kemampuan Sociedad yang dinilai sudah konsisten musim ini.

“Mereka adalah tim yang bagus. Kalian bisa mengatakan bahwa mereka adalah tim yang sudah bermain bersama dalam beberapa tahun terakhir.”

“Saya suka melihat cara mereka bermain. Saya sadar bahwa kami harus bermain bagus, penuh percaya diri dan melakukan penguasaan bola untuk membuat mereka kesulitan,” tutur Koeman.

Koeman menilai Sociedad juga tidak akan diam bertahan di Camp Nou melainkan meladeni permainan Barcelona secara terbuka.

“Saya rasa laga nanti bakal berlangsung terbuka. Kedua tim sama-sama ingin menguasai bola dan memberikan tekanan. Jadi saya rasa laga nanti akan berjalan bagus dan terbuka.”