Bruno Fernandes Injak Xhaka, Man Utd Diuntungkan VAR?

Manchester United diklaim diuntungkan VAR saat ditahan imbang Arsenal pada lanjutan Liga Inggris, Sabtu (30/1). Gelandang Man Utd Bruno Fernandes diklaim beruntung tidak mendapat kartu merah karena menginjak Granit Xhaka.

readyviewed Arsenal vs Man Utd di Stadion Emirates berakhir imbang tanpa gol. Kedua klub sama-sama memiliki peluang bagus untuk mencetak gol, namun harus puas dengan berbagai poin usai laga.

Insiden kontroversial terjadi pada menit ke-15, ketika Fernandes menginjak bagian belakang kaki kiri Granit Xhaka. Beruntung bagi Fernandes, wasit Michael Oliver tidak memberi kartu meski wasit VAR sudah melihat tayangan ulang insiden.

Keputusan wasit mendapat banyak kritikan. Meme-meme bermunculan di media sosial yang menyebut Man Utd diuntungkan VAR. Fernandes diklaim seharusnya mendapat hukuman.

Legenda Man Utd Paul Scholes juga mengatakan Fernandes layak mendapat hukuman. Scholes menganggap Fernandes tidak mampu mengontrol emosi setelah dilanggar pemain Arsenal Cedric Soares dua menit sebelum menginjak Xhaka.

“Fernandes tidak senang dengan tindakan Soares, jelas dia marah. Saya pikir Fernandes sedikit beruntung. Dia bahkan tidak mendapat kartu kuning, itu tekel yang telat. Itu sebuah injakan ke betis, tindakan buruk dan dia benar-benar beruntung lolos dari hukuman,” ujar Scholes dikutip dari Metro.

“Kita sudah melihat kartu merah diberikan untuk pelanggaran yang lebih ringan. Tapi mungkin di laga besar seperti ini terkadang wasit enggan memberinya. Tapi, jika dia melihat monitor [VAR], setidaknya Fernandes mendapat kartu kuning,” ucap Hargreaves.Mantan pemain Man Utd lainnya, Owen Hargreaves, juga meyakini Fernandes seharusnya mendapat kartu merah. Hargreaves mengatakan banyak pelanggaran lebih ringan daripada injakan Fernandes yang mendapat kartu merah di Liga Inggris.

Hasil imbang melawan Arsenal membuat Man Utd kini tertinggal tiga poin dari Manchester United di puncak klasemen Liga Inggris. Man Utd bisa melorot ke posisi tiga jika Leicester City sukses mengalahkan Leeds United malam ini, Minggu (31/1).