BWF Tak Batalkan Kemenangan Indonesia di Babak I All England

Badminton World Federation (BWF) tidak membatalkan kemenangan tiga wakil Indonesia yang sudah terlanjur berlaga di babak pertama All Englandreadyviewed Rombongan Indonesia dipaksa mundur dari All England lantaran menjalani perintah isolasi 10 hari.

Tiga wakil Indonesia sudah meraih kemenangan di babak pertama yaitu Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Jonatan Christie, dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Sebelumnya, Greysia Polii/Apriyani Rahayu juga sudah lebih dulu dinyatakan lolos ke babak kedua lantaran mendapat kemenangan WO di babak pertama. Empat hasil tersebut tidak dibatalkan oleh BWF.

 

“Seluruh hasil bakal tetap bertahan dan drawing tidak akan berubah. Seluruh lawan di babak berikutnya akan mendapatkan [kemenangan] walkover,” tulis BWF dalam pernyataan resmi mereka.

Tunggal putra, Jonatan Christie, tampil di semifinal BATC 2020.Kemenangan Jonatan Christie dan kawan-kawan di babak pertama tidak dibatalkan namun lawan mereka di babak kedua dipastikan lolos ke perempat final dengan walkover. (Dok. PBSI)

Dengan demikian, empat lawan wakil Indonesia di babak kedua tersebut bakal mendapatkan walkover dan langsung lolos ke babak perempat final.

Empat pemain tersebut adalah Sitthikom Thammasin (Thailand), Christo Popov/Toma Junior Popov dan Jeppe Bay/Lasse Molhede (ganda putra), serta Selena Piek/Cheryl Seinen (ganda putri).

Tim Indonesia sejatinya sudah menjalani tes Covid-19 setibanya di Birmingham, Inggris. Hasilnya, seluruh anggota skuad Indonesia dinyatakan negatif Covid-19.

Namun ketika tengah menjalani babak pertama All England, datang email pemberitahuan dari Pemerintah Inggris. 20 dari 24 anggota rombongan Indonesia diwajibkan menjalani isolasi 10 hari.

readyviewed Hal itu dikarenakan ada penumpang yang positif Covid-19 dalam penerbangan yang mereka tumpangi dari Istanbul ke Birmingham.