Cadiz, Klub Promosi Pembunuh Dua Raksasa La Liga

 

Cadiz merupakan klub promosi di Liga Spanyol musim ini dengan rapor mentereng readyviewed usai mengalahkan Barcelona 2-1 di pekan ke-12 di Stadion Ramon de Carranza, Minggu (6/12) dini hari waktu Indonesia.

Kemenangan yang dimiliki Cadiz atas Barcelona tidak lepas dari keberuntungan. Terlepas dari penepatan posisi dan kecerdikan pemain Cadiz, perlu diakui dua gol tuan rumah karena blunder pemain Barcelona.

Gol pertama Cadiz lahir dari kesalahan bek Oscar Mingueza yang nyaris mencetak gol bunuh diri. Sundulan Migueza ditepis kiper Marc-Andre Ter Stegen, lalu bola muntah disambar Alvaro Gimenez jadi gol.

Sementara, gol kedua tim asuhan Alvaro Diaz karena blunder Clement Lenglet yang gagal mengantisipasi lemparan ke dalam Jordi Alba. Alvaro Negredo bisa merebut bola itu dan mengonverinya jadi gol.

Dengan hasil positif tersebut, Cadiz layak menyandang pembunuh dua raksasa La Liga untuk sementara. Pasalnya, sebelum Barcelona, Real Madrid lebih dahulu jadi korban klub yang promosi dari Segunda Division pada musim lalu.

Menariknya, Los Blancos tumbang di tangan Cadiz di kandang sendiri, di Stadion Alfredo Di Stefano pada pekan keenam, pertengahan Oktober.

Pada pertandingan tersebut, klub berjuluk El Submarino Amarillo tersebut mengalahkan Madrid 1-0 lewat gol semata wayang Antony Lozano.

Seperti Madrid, Bilbao tumbang dari Cadiz dengan skor 0-1 pada pekan keempat di Stadion San Mames karena gol bunuh diri Unai Lopez.Athletic Bilbao juga pernah merasakan motivasi berlipat Cadiz yang baru pada musim ini merasakan kasta teratas Liga Spanyol.

Lewat sejumlah catatan apik itu, Cadiz kini bertengger di peringkat kelima klasemen sementara dengan mengoleksi 18 poin. Mereka tertinggal 8 poin di belakang Atletico Madrid, dan di atas Barcelona yang di posisi ketujuh.