Cerita Gila Haaland Cetak 9 Gol di Laga Norwegia vs Honduras

 

Bakat Erling Haaland sebagai bomber berbahaya memang sudah tampak sejak remaja. Ia ternyata pernah mencetak sembilan gol saat Timnas Norwegia U-20 mencukur Honduras 12-0.

Momen gila tersebut terjadi pada Piala Dunia U-20 2019 di Polandia. Saat itu Haaland baru menginjak usia 18 tahun dan mengumumkan dirinya adalah calon bintang.

Kemenangan besar Norwegia memukul Honduras dengan selusin gol tidak membantu mereka lolos ke babak berikutnya. Sebab Norwegia cuma menduduki peringkat ketiga klasemen Grup C di bawah Uruguay dan Selandia Baru.

 

Kendati demikian, setidaknya Norwegia menciptakan sejarah dengan kemenangan 12-0. Itu merupakan kemenangan terbesar sepanjang sejarah Piala Dunia U-20.

Sembilan gol yang dikemas Haaland membuat sang pemain jadi pencetak gol terbanyak dalam sebuah laga di Piala Dunia U-20. Ia memecahkan rekor Adailton, yang membukukan delapan gol untuk Brasil ketika menghadapi Korea Selatan di Piala Dunia U-20 1997.

Sport Bible melansir, Haaland sebenarnya bisa mencetak gol lebih banyak lagi karena beberapa gol yang dicetaknya dianulir karena VAR. Bahkan Haaland mengaku menyesal kepada pelatihnya karena gagal mencetak gol tambahan.

“Saya sedikit terganggu karena gagal mencetak gol dengan tendangan terakhir saya dalam pertandingan. Saya harus duduk dan berpikir sejenak tentang itu dan mencari tahu apa yang terjadi,” kata Haaland kepada pelatih Norwegia U-20 Pal Johansen.

Selain punya ketajaman, Haaland remaja sudah mempertontonkan permainan yang menguasai ruang, chemistry bagus, energi, dan kerja keras yang mengesankan.

Beberapa bulan kemudian, Haaland meledak di pentas Eropa usai mencetak hattrick yang menakjubkan untuk RB Salzburg saat mengalahkan Genk 6-2 pada debutnya di Liga Champions.

Haaland mencetak delapan gol dalam enam penampilan pertamanya di Liga Champions bersama Salzburg hingga menjadi incaran sejumlah klub raksasa. Namun, ia memilih untuk bergabung dengan Borussia Dortmund pertengahan musim lalu.

Pemain kelahiran Leeds itu bahkan sukses mencetak hattrick pada debutnya bersama Dortmund. Uniknya, ia melakukan itu saat turun dari bangku cadangan.

Kini, Haaland bahkan jadi salah satu kandidat kuat dalam perebutan Ballon d’Or bersama Kylian Mbappe yang tengah bersinar di Paris Saint Germain. Keduanya akan menjadi pesaing ketat Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.Saat ini penyerang 20 tahun itu sudah mengoleksi 106 gol di laga resmi, termasuk 47 gol dari 48 penampilannya bersama Dortmund.