Chelsea Resmi Hengkang dari European Super League

Salah satu klub Liga Inggris, Chelsea resmi menyatakan hengkang dari keanggotaan European Super League.

Pernyataan mundur itu disampaikan The Blues, julukan Chelsea dalam rilis formal pada Rabu (21/4) pagi waktu Indonesia.

“Seperti diberitakan sebelumnya pada malam ini, Chelsea mengonfirmasi sudah memulai prosedur resmi mundur dari kelompok yang menyusun rencana European Super League,” demikian pernyataan Chelsea.

 

Dalam rilis tersebut, juara Liga Inggris enam kali itu juga menyebutkan sejumlah alasan mundur dari kompetisi yang dipimpin Florentino Perez tersebut.

“Setelah bergabung dengan grup pada akhir pekan lalu, sekarang kami memiliki waktu mempertimbangkan masalah ini sepenuhnya,” ucap Chelsea.

“Dan telah memutuskan, berpartisipasi lebih lanjut dalam rencana ini tidak akan menjadi kepentingan terbaik bagi klub, suporter kami, atau komunitas sepak bola yang lebih luas,” kata Chelsea menambahkan.

Keputusan Chelsea mundur ini mengikuti langkah Manchester City yang lebih dahulu membuat pernyataan resmi saat keluar dari European Super League.

Chelsea merupakan salah satu dari readyviewed 12 ‘klub pendiri’ European Super League yang diresmikan pada Minggu (18/4) waktu setempat.

Liga Inggris menjadi penggagas terbanyak dalam pembentukan Super League ini. Selain Chelsea, Manchester City, Manchester United, Arsenal, Tottenham Hotspur, dan Liverpool menjadi perwakilan Premier League di European Super League.

Sisanya, berasal dari 3 tim Liga Spanyol: Atletico Madrid, Real Madrid, dan Barcelona serta 3 tim Liga Italia: AC Milan, Inter Milan, dan Juventus.

 

Akan tetapi, pembentukan liga yang dianggap memisahkan diri dari UEFA itu menuai kecaman dari banyak pihak, terutama kalangan suporter. UEFA pun mengeluarkan ancaman keras bagi klub dan pemain yang terlibat di Super League.