Chelsea vs Leeds United: Rivalitas dan Partai Brutal Piala FA 1970

Pertarungan Chelsea vs Leeds United di Liga Inggris yang akan digelar pada hari Minggu (06/12/20) dini hari WIB akan penuh gengsi dan beraroma sejarah. Sebelum membahas rivalitas sengit kedua tim ini pada masa lampau, tentu para penikmat sepak bola belum lupa dengan insiden spygate yang melibatkan Frank Lampard dan Marcelo Bielsa. Saat itu, keduanya masih bersaing di Divisi Championship.

Pada 2019, Lampard merasa kesal dengan aksi spionase yang dilakukan Bielsa untuk memata-matai latihan tim lawan. Kasus ini sudah selesai setelah pihak yang berwajib dan FA menjatuhkan hukuman kepada Leeds United. 00:00/00:00 Jelang pertemuan Chelsea vs Leeds United pekan ini, Bielsa mengaku sudah tidak punya masalah dengan Lampard. Kejadian spionase tersebut telah lewat dan pelatih berusia 65 tahun itu enggan membahasnya lagi. Di sisi lain, Lampard juga merasa insiden itu adalah masa lalu. Kini situasinya sudah berbeda dan eks pemain Chelsea tersebut ingin fokus mengamati skuat Leeds United racikan Bielsa yang berhasil naik kasta.
Tentu cukup menarik menantikan pertemuan dua pelatih ini di laga Chelsea vs Leeds United. Apalagi, mengingat klub-klub ini sudah memiliki rivalitas sengit sejak bertahun-tahun lalu. Rivalitas mereka dimulai pada era 1960-an, di mana keduanya adalah kekuatan besar di sepak bola Inggris. Apalagi, Leeds United pada waktu itu ditangani seorang pelatin bertangan dingin yakni Don Revie. Sejumlah laga sengit disajikan Chelsea dan Leeds United selama periode tersebut. Saking sengitnya, sampai-sampai mereka begitu kesulitan bahkan untuk menciptakan peluang gol. Nah, jika ada pun, kebanyakan adalah hasil dari kesalahan sendiri. Rivalitas ini kemudian mencapai puncaknya ketika Chelsea dan Leeds United bertemu di partai burtal final Piala FA 1970. Digelar di Stadion Wembley pada tanggal 11 April 1970, pertandingan ini berakhir imbang dengan skor 2-2. Masing-masing gol diciptakan oleh Peter Houseman dan Ian Hutchinson (Chelsea) lalu John Charlton dan Michael Jones (Leeds United). Berhubung berakhir imbang, laga replay pun terpaksa digelar, yang mana pertama kali terjadi di Piala FA sejak tahun 1912. Pertandingan ulang Chelsea vs Leeds United digelar di Old Trafford pada tanggal 29 April 1970. Aksi-aksi brutal yang mewarnai partai final Piala FA 1970 ini pun semakin menambah rivalitas antara dua klub ini. Kontak fisik terjadi di mana-mana namun hal itulah yang membuat bentrok keduanya dikenang untuk waktu yang lama.

Di replay yang digelar di Old Trafford tersebut, Chelsea berhasil menang dengan penuh perjuangan. Michael Jones mencetak gol pertama bagi Leeds United pada menit ke-35, baru kemudian disamakan oleh Peter Osgood pada menit ke-78. Wasit pun memutuskan perpanjangan waktu dan pada akhirnya The Blues tampil sebagai juara berkat gol penentu kemenangan dari David Webb memasuki menit ke-104. Laga Chelsea vs Leeds United di Liga Inggris pada tanggal 6 Desember 2020 akan menjadi pertemuan pertama mereka setelah 16 tahun di level liga. Bentrokan ini diprediksi bakal berjalan sengit. Ya, apalagi kalau bukan kisah perseteruan yang menyeret Frank Lampard dan Marcelo Bielsa serta rivalitas sengit yang sudah eksis begitu lama. Para fans tentu akan dengan senang hati menyaksikan pertandingan ini dengan darah yang mendidih. Pertemuan terakhir Chelsea vs Leeds United di liga terjadi pada 15 Mei 2004, di mana The Blues menang tipis dengan skor 1-0 berkat gol tunggal Jesper Gronkjaer.