Diogo Jota Bukti Kejelian Transfer Klopp di Liverpool

 

Diogo Jota jadi bukti kejelian pelatih Liverpool Jurgen Klopp dalam membeli pemain di bursa transfer pada awal musim ini.

Jota kembali mencuri perhatian di Liverpool. Penyerang asal Portugal itu mencetak satu gol saat The Reds mengalahkan FC Midtjylland 2-0 pada matchday kedua Grup D Liga Champions di Anfield, Rabu (28/10) dini hari WIB.

Gol ke gawang Midtjylland itu jadi yang ketiga buat Jota sejak berseragam Liverpool. Ia tiga kali membobol gawang lawan dari delapan kesempatan tampil di semua kompetisi.

 

Selain gol ke gawang Midtjylland, Jota turut menempatkan namanya di papan skor saat Liverpool mengalahkan Arsenal 3-1 dan Sheffield United 2-1 di Liga Inggris.

Liverpool's Diogo Jota, 20, celebrates scoring his side's first goal with Liverpool's Takumi Minamino, right, during the Champions League Group D soccer match between Liverpool and FC Midtjylland at Anfield stadium, in Liverpool, England, Tuesday, Oct. 27, 2020. (Michael Regan/Pool via AP)Diogo Jota sudah mencetak tiga gol bersama Liverpool. (Michael Regan/Pool via AP)

Di laga melawan Sheffield, Jota bahkan mencetak gol penentu kemenangan tim asuhan Jurgen Klopp. Jota membuat Liverpool unggul 2-1 setelah tertinggal lebih dulu di Anfield.

Tiga gol yang telah dicetak Jota itu menjadi bukti ia bisa menjadi senjata rahasia buat Liverpool. Jota bisa memberikan perbedaan saat trio andalan Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino kesulitan mencetak gol.

Jota menjadi bukti lain kepiawaian Klopp membeli pemain yang bisa menambah kualitas Liverpool. Sejak Jota datang ke Liverpool pada awal musim ini, Klopp jadi punya banyak pilihan komposisi pemain maupun taktik di pertandingan.

 

Klopp tetap memakai pakem formasi favoritnya 4-3-3. Namun, dalam beberapa kesempatan pelatih asal Jerman itu mengubah formasi tim dengan memainkan Jota sebagai gelandang serang di belakang trio Salah, Mane, dan Firmino.

“Jika dia tetap fit, dia masih 23 tahun, masa depannya cerah. Kami membutuhkan kualitasnya dan saya sangat senang dia beradaptasi dengan baik,” ucap Klopp memuji Jota.

Jota didatangkan Liverpool dari Wolverhampton Wanderers jelang musim baru 2020/2021. Pemain asal Portugal itu didatangkan dengan nilai transfer 41 juta poundsterling atau setara Rp781 miliar.

Gemilangnya performa Jota sepertinya bakal mengulangi kisah sukses Klopp soal urusan pembelian pemain. Pemain-pemain seperti Andrew Robertson, Sadio Mane, Mohamed Salah, Virgil van Dijk, hingga Alisson Becker juga makin bersinar sejak diasuh Klopp.