Dovizioso Bukan Pengganti Ideal Marquez

 

Andrea Dovizioso disebut bukan pembalap ideal sebagai pengganti Marc Marquez di 2021. Marquez sendiri baru menjalani operasi ketiga pada lengan kanan.

Faktor utama yang bisa menghambat Dovizioso kembali ke Honda adalah motivasinya untuk meraih gelar juara dan bukan menjadi pembalap pelapis.

Marquez baru saja menjalani operasi humerus kanan ketiga. Operasi itu dilakukan Madrid dan memakan waktu selama 8 jam.

 

Banyak pemberitaan menyebut The Baby Alien membutuhkan pemulihan selama 6 bulan. Dikutip dari GP One, dengan pemulihan selama 6 bulan, Marquez bisa kembali balapan pada Mei 2021 mendatang.

Dengan asumsi tersebut, Marquez disebut bisa absen dalam 4 balapan pertama: MotoGP Qatar (28 Maret), MotoGP Argentina (11 April), MotoGP Amerika (18 April), dan MootoGP Spanyol (2 Mei).

Selain absen pada empat balapan pertama, pembalap asal Catalunya itu juga tidak akan terlibat di tes awal musim.

Mengingat pandemi virus corona masih berlangsung, MotoGP 2021 juga masih berpotensi dipangkas, terutama balapan di luar Eropa. Dengan begitu, Marquez bisa absen kurang dari 4 balapan.

Apabila hanya tidak berpartisipasi dalam beberapa balapan, bisa kecil kemungkinan Honda mencari pengganti untuk Marquez.

Besarnya tekad Dovizioso bersaing di MotoGP ditunjukkan dengan menampik sejumlah tawaran tim pabrikan sebagai pembalap penguji.Terlebih lagi, Dovizioso masih berhasrat mengejar gelar juara. Tawaran hanya menjadi pembalap pengganti dalam beberapa balapan, kemungkinan tidak akan diambil pembalap 34 tahun itu.

Selain itu, Marquez juga diyakini masih bisa mengejar ketinggalan jika hanya absen dalam 4 balapan. Mengingat MotoGP 2021 akan lebih panjang dibanding 2020.