Hasil Bundesliga: Bayern Kalahkan Dortmund di Der Klassiker

 

Bayern Munchen berhasil mengalahkan Borussia Dortmund dengan skor 3-2 dalam Der Klassiker Bundesliga di Signal Iduna Park, Minggu (8/11) dini hari WIB.

Borussia Dortmund lebih dulu mencuri gol di laga ini lewat Marco Reus di menit ke-45. Reus berhasil memaksimalkan umpan silang mendatar yang dilepaskan oleh Raphael Guerreiro. Tembakan keras Reus tidak bisa dihentikan oleh kiper Bayern, Manuel Nuer.

Namun keunggulan Dortmund tidak bertahan lama. Di masa injury time babak pertama, Bayern berhasil menyamakan skor menjadi 1-1. Gol penyama kedudukan ‘FC Hollywood’ dicetak oleh David Alaba.

 

Lewat set piece tendangan bebas, Alaba sukses mengirimkan bole ke pojok kiri tanpa bisa dijangkau oleh kiper Dortmund, Roman Buerki.

Masuk ke babak kedua, Bayern Munchen tak butuh waktu lama untuk berbalik unggul. Di menit ke-48, Robert Lewandowski mencetak gol untuk membuat Bayern berbalik unggul 2-1.

Dortmund's Marco Reus, right, celebrates after scoring his side's opening goal during the German Bundesliga soccer match between Borussia Dortmund and Bayern Munich in Dortmund, Germany, Saturday, Nov. 7, 2020. (Bernd Thissen/Pool via AP)Marco Reus lebih dulu membawa Borussia Dortmund unggul. (AP/Bernd Thissen)

Keunggulan Bayern bertambah di menit ke-80. Gol ini menunjukkan kehebatan Bayern Munchen dalam skema serangan balik. Setelah merebut bola di lini belakang, Leon Goretzka dengan cepat berlari dan menyodorkan bola pada Lewandowski di tengah lapangan.

Lewandowski cukup bebas menguasai bola sampai akhirnya Leroy Sane yang masuk di pertengahan babak kedua ikut berlari di sisi kanannya. Melihat pergerakan Sane, Lewandowski menyodorkan bola pada mantan pemain Manchester City tersebut.

Sane lalu melakukan satu kecohan sebelum melepaskan tembakan kaki kiri yang membuat bola bersarang di pojok kanan bawah gawang Dortmund.

Dortmund sempat membuka harapan untuk meraih poin di laga ini saat Erling Haaland mencetak gol untuk memperkecil kedudukan menjadi 2-3.

Menerima umpan panjang dari Guerreiro, Haaland lepas dari perangkap offside lalu dengan brilian melewati Neuer sebelum melepaskan tembakan ke gawang yang kosong.

Namun setelah gol itu, Dortmund tak lagi mampu menggetarkan gawang Munchen. Sebaliknya, Lewandowski sempat mencetak gol di masa injury time namun gol tersebut batal setelah pemantauan lewat VAR.

Di laga ini, dua gol Lewandowski dianulir lewat VAR setelah sebelumnya hal yang sama terjadi di babak pertama. Meski demikian, Bayern Munchen tetap berhasil mempertahankan keunggulan 3-2 atas Borussia Dortmund hingga akhir pertandingan.