Hasil Copa del Rey: Barcelona Susah Payah Atasi Granada

 

Barcelona menang 5-3 atas Granada melalui extra time pada babak perempat final Copa del Rey di Stadion Los Carmenes, Kamis (4/2) dini hari waktu Indonesia barat.

Barcelona yang menampilkan mayoritas pemain inti langsung menggebrak setelah laga dimulai. Serangan dari berbagai sisi menusuk pertahanan Granada.

Ronald Araujo, Trincao, Antoine Griezmann dan Lionel Messi sudah membuat repot pertahanan tim tuan rumah. Kiper Aaron Escandel pun sudah harus berjibaku mengamankan gawang ketika laga belum genap 10 menit.

 

Tendangan bebas Messi pada menit ke-23 menandai serangan Barcelona tak putus di pertengahan babak pertama.

Granada menyajikan kejutan untuk Barcelona. Pada menit ke-33 serangan Granada berbuah gol. Berawal dari lini belakang Barcelona yang tidak berkomunikasi dengan baik saat membangun serangan, bola kemudian direbut Alberto Soro dan kemudian Robert Kenedy menuntaskan peluang.

Setelah mencetak gol, Granada bisa membaca reaksi Barcelona yang kian tersulut mencetak gol setelah tertinggal. Penumpukan pemain untuk meredam serangan Barcelona menjadi pilihan Granada.

Tak punya pilihan selain mencetak gol balasan dan membalikkan keadaan untuk meraih tiket ke semifinal, Blaugrana mengepung Granada.Pada awal babak kedua Barcelona kembali tertinggal. Serangan balik Granada yang memanfaatkan kesalahan umpan Antoine Griezmann tidak disia-siakan Roberto Soldado yang menjadi pengubah skor menjadi 2-0 pada menit ke-47.

Sebuah peluang di menit ke-62 yang dimiliki Trincao hanya membuat bola membentur mistar gawang. Ronald Koeman pun memasukkan Martin Braithwaite dan Ousmane Dembele untuk menambah daya gedor.

Aksi akrobatik Antoine Griezmann melepas tendangan salto juga masih digagalkan Escandell pada menit 82. Berselang dua menit kemudian Escandell mengamankan bola yang dilepaskan Messi. Tendangan Dembele pada menit ke-88 juga masih belum bisa masuk ke gawang dan hanya membentur tiang.

Barcelona baru bisa mencetak gol pertama pada menit ke-89 melalui penyelesaian akhir Griezmann dari sudut sempit di jarak dekat.

Semenit berselang, Messi berpeluang menyamakan kedudukan namun bola yang disepaknya mengenai tiang.

Barcelona benar-benar menyamakan kedudukan pada injury time melalui gol Jordi Alba yang menuntaskan umpan Griezmann dengan sundulan.

Pada masa extra time, Barcelona berbalik unggul berkat gol Griezmann memaksimalkan umpan crossing Jordi Alba.

Keunggulan Barcelona hanya bertahan tiga menit. Pelanggaran Sergino Dest terhadap Carlos Neva diganjar hukuman penalti. Fede Vico membuat skor imbang 3-3.

Memasuki tiga menit babak kedua extra time, Frenkie De Jong mengubah skor menjadi 4-3 setelah memaksimalkan bola muntah tendangan Messi yang diblok Escandell.

Gol Jordi Alba pada menit ke-113 membuat Barcelona menang 5-3 dan berhak melaju ke semifinal.


Susunan pemain inti Barcelona:
Susunan pemain inti Granada:
Aaron Escandell; Victor Diaz, Domingos Duarte, German Sanchez, Carlos Neva; Angel Montoro, Yan Eteki; Kenedy, Antonio Puertas, Alberto Soro; Roberto Soldado.

Marc-Andre ter Stegen; Sergi Roberto, Ronald Araujo, Samuel Umtiti, Jordi Alba; Frenkie de Jong, Sergio Busquets, Pedri; Trincao, Lionel Messi, Antoine Griezmann.