Hasil Kualifikasi Piala Dunia: Makedonia Utara Bungkam Jerman

 

Jerman kalah dari Makedonia Utara dengan skor 1-2 dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Duisburg, Kamis (1/4) dini hari WIB.

Jerman menurunkan Kai Havertz, Serge Gnabry, dan Leroy Sane untuk sektor lini depan dalam duel lawan Makedonia Utara. Mereka didukung gelandang yang tengah bersinar bersama Manchester City, Ilkay Gundogan.

Meski demikian, Jerman kesulitan membongkar pertahanan Makedonia Utara. Di babak pertama, Jerman bahkan hanya menghasilkan satu tembakan tepat sasaran.

 

Jerman bahkan tertinggal 0-1 lewat gol Goran Pandev di akhir babak pertama. Striker veteran Genoa itu mampu membobol gawang Marc Andre ter Stegen setelah menerima umpan dari Enis Bardhi.

Soccer Football - World Cup Qualifiers Europe - Group J - Germany v North Macedonia - MSV-Arena, Duisburg, Germany - March 31, 2021 Germany's Leroy Sane in action with North Macedonia's Egzijan Alioski Pool via REUTERS/Thilo SchmuelgenLeroy Sane dan kawan-kawan mendapatkan perlawanan sengit dari Makedonia Utara. (Pool via REUTERS/THILO SCHMUELGEN)

Lini belakang Jerman yang dikomandoi Antonio Rudiger tidak menyadari kehadiran Pandev yang berdiri bebas menyambut bola dan menaklukkan ter Stegen dari jarak dekat.

Unggul 1-0 di babak pertama, Makedonia Utara berusaha keras untuk mempertahankan skor di babak kedua. Upaya Makedonia Utara sempat berhasil di 15 menit pertama babak kedua sebelum akhirnya Jerman bisa memecah kebuntuan.

Jerman mendapat penalti di menit ke-62 usai Leroy Sane dilanggar oleh Ezgjan Alioski. Gundogan dengan tenang menjalankan tugasnya sebagai eksekutor penalti untuk menyamakan skor menjadi 1-1.

Setelah menyamakan kedudukan, Jerman terus berusaha mendapatkan gol kedua. Salah satu peluang terbaik Jerman ada di ada di menit ke-80.

Aksi Gundogan menerobos pertahanan Makedonia Utara diakhiri dengan sodoran bola matang pada Timo Werner yang menunggu di muka gawang.

Dalam peluang emas tersebut, Timo Werner tidak bisa menendang bola dengan baik dan bola melenceng keluar meninggalkan lapangan.

Elmas mencetak gol setelah menerima umpan matang dari Arijan Ademi.Lima menit berselang justru Makedonia Utara yang mampu mencetak gol kedua. Eljif Elmas membawa tim tamu untuk kembali unggul 2-1 atas Jerman.

Skor 2-1 untuk Makedonia Utara bertahan hingga akhir permainan.

Susunan Pemain

Jerman (3-5-2)

Marc Andre ter Stegen; Matthias Ginter (Jamal Musiala 89), Antonio Rudiger, Emre Can; Leroy Sane, Joshua Kimmich, Leon Goretzka, Ilkay Gundogan, Robin Gosens (Amin Younes 56); Serge Gnabry, Kai Havertz (Timo Werner 56)

Makedonia Utara (3-5-2)

Stole Dimitrievski; Stefan Ristovski, Darko Velkovski, Visar Musliu; Boban Nikolov (Egzon Bejtulai 59), Enis Bardhi, Arijan Ademi, Eljif Elmas, Ezgjan Alioski (Kire Ristevski 90); Goran Pandev (Vlatko Stojanovski 90), Aleksandar Trajkovski (Stefan Spirovski 72)