Hasil Liga Champions: 10 Pemain Porto Singkirkan Juventus

 

Juventus gagal melangakah ke perempat final Liga Champions setelah hanya menang 3-2 atas Porto pada babak 16 besar Liga Champions di Stadion Juventus, Rabu (10/3) dini hari WIB.

Setelah kalah 1-2 dari Porto pada leg pertama, Juventus butuh kemenangan 1-0 atau menang dengan skor selisih dua gol jika kebobolan di kandang.

Alvaro Morata menggedor pertahanan Porto lewat sebuah sundulan yang memanfaatkan umpan Juan Cuadrado pada menit ketiga.

 

Porto membalas dengan peluang ganda pada menit keenam. Pergerakan Zaidu Sanusi di sisi kiri dilanjutkan dengan umpan kepada Mehdi Taremi. Bola disepak Taremi namun masih mengenai Leonardo Bonucci. Bola muntah coba disundul Taremi, hasilnya bola mengenai mistar.

Tendangan bebas Cuadrado pada menit ke-10 yang coba dibelokkan Aaron Ramsey juga tak bisa mengubah kedudukan.

Menit ke-16 wasit menunjuk titik putih di kotak penalti Juventus karena Taremi dijatuhkan Merih Demiral. Protes dilancarkan pemain tuan rumah, namun wasit teguh pendirian setelah mengecek melalui VAR. Penalti lantas diambil Sergio Oliveira. Bola mulus masuk ke gawang, Porto memimpin 1-0.

Porto tak mau mengendurkan serangan. Otavio dua kali tercatat melepas tembakan menguji kemampuan Wojciech Szczesny di bawah mistar.

Soccer Football - Champions League - Round of 16 Second Leg - Juventus v FC Porto - Allianz Stadium, Turin, Italy - March 9, 2021 FC Porto's Otavio in action with Juventus' Adrien Rabiot REUTERS/Massimo PincaJuventus menjamu Porto di leg kedua 16 besar Liga Champions. (REUTERS/MASSIMO PINCA)

Menit ke-27 umpan dari Cuadrado diterima Morata di dalam kotak penalti. Penyelesaian akhir Morata masih bisa dibaca Agustin Marchesin.

Tidak ada gol lagi yang diciptakan meski kedua kesebelasan berbalas serangan dan menciptakan peluang hingga turun minum.

Juventus yang tertinggal 0-1 pada babak pertama baru bisa mencetak gol pada babak kedua. Empat menit paruh kedua berlangsung, Federico Chiesa tampil sebagai penyama kedudukan. Gol berawal dari umpan Bonucci yang kemudian dikuasai dengan baik oleh Ronaldo. Assist dari Ronaldo tak disia-siakan Chiesa.

Menit ke-54 Porto harus bermain dengan 10 orang. Taremi yang mendapat kartu kuning dua menit sebelumnya karena melanggar Chiesa kemudian mendapat kartu kuning lagi setelah menendang bola padahal wasit meniup peluit tanda pelanggaran.

Chiesa hampir mencetak gol kedua pada menit ke-57. Setelah melewati kiper, Chiesa yang mendapat umpan dari Adrien Rabiot gagal mengontrol bola dengan baik dan tak bisa menyepak bola ke gawang.

Pada menit ke-63, Chiesa mencetak gol kedua. Umpan dari Cuadrado disundul masuk ke gawang. Skor pun 2-1 dan agregat menjadi setara 3-3.

Porto yang lebih banyak diserang setelah bermain dengan 10 orang sempat mengancam lewat Moussa Marega. Sementara pada menit ke-78 Ronaldo membuang peluang karena sundulannya yang memanfaatkan umpan Cuadrado justru membuat bola tak mengarah ke gawang.

Chiesa pun gagal mencetak gol ketiga pada menit ke-82 padahal sudah berhasil masuk ke kotak penalti dan berhadapan satu lawan satu dengan kiper.

Peluang gagal Juventus tersebut dibalas Porto melalui Malang Sarr yang masih mampu ditepis Szczesny dan penyelesaian Marega yang melebar.

Juventus memiliki dua peluang di waktu tambahan. Gol Morata yang dinyatakan offside dan sepakan jarak jauh Cuadrado yang mengenai mistar.

Skor 2-1 yang bertahan hingga waktu normal usai membuat pertandingan harus berlanjut ke babak tambahan karena secara agregat skor sama kuat 3-3.

Juventus mencoba mencetak gol pembeda pada babak kedua extra time termasuk melalui Dejan Kulusevski yang masih bisa diblok. Begitu pula dengan sepakan Morata yang masih mengarah ke pelukan Marchesin.Tidak banyak peluang tercipta pada babak pertama extra time. Hanya Marega yang mencoba memanfaatkan umpan Corona, namun bola masih mengarah ke Szczesny.

Pada menit ke-115 FC Porto mencetak gol lewat tendangan bebas Oliviera yang menyusur tanah. Tiga orang pagar betis Juventus, termasuk Ronaldo, melompat sehingga bola mulus menuju gawang dan Szczesny juga tak bisa menghentikannya.

Hanya berselang dua menit kemudian, Adrien Rabiot mencetak gol melalui sundulan memanfaatkan tendangan sudut Federico Bernardeschi. Skor pun menjadi 3-2. readyviewed Secara agregat imbang 4-4, namun Porto unggul gol tandang.

Juventus yang masih mengejar satu gol lagi terus menyerang. Tanpa gol hingga laga usai, Porto pun melangkah ke babak perempat final.

Susunan pemain inti Juventus vs Porto:

Juventus:
Wojciech Szczesny; Juan Cuadrado, Leonardo Bonucci, Merih Demiral, Alex Sandro; Federico Chiesa, Arthur, Adrien Rabiot, Aaron Ramsey; Alvaro Morata, Cristiano Ronaldo.

FC Porto:
Agustin Marchesin; Wilson Manafa, Chancel Mbemba, Pepe, Zaidu Sanusi; Corona, Sergio Oliveira, Mateus Uribe, Otavio; Mehdi Taremi, Moussa Marega.