Hasil Liga Inggris: Atasi Newcastle, Chelsea ke Puncak

Chelsea berhasil mengalahkan tuan rumah Newcastle United 2-0 dalam lanjutan Liga Inggris pekan ke-9, Sabtu (21/11) malam WIB.

Bermain di Stadion St James Park, Chelsea punya peluang lebih dulu di menit-menit awal. Dimulai dari tembakan Timo Werner, Reece James, dan Mateo Kovacic. Namun tak berbuah gol.

Di menit 10, Chelsea membuka keunggulan setelah umpan Mason Mount dari dari kanan gagal disapu bek tuan rumah, Federico Fernandez. Bola yang membentur kakinya pun meluncur ke gawang sendiri.

 

Sampai setengah jam, Chelsea terus menekan hingga sepertiga lapangan Newcastle.

The Blues punya peluang bagus di menit 31, ketika Werner tanpa terkawal mendapat ruang tembak di dalam kotak penalti. Sayang sepakan pelannya ke arah kanan gawang tak menemui sasaran.

Sementara The Magpies yang mengandalkan serangan balik, punya kans menyamakan kedudukan. Namun penyelesaian buruk dan terkesan terburu-buru.

Hingga babak pertama, Chelsea mampu menjaga keunggulannya.

Di babak kedua, tempo pertandingan tak banyak berubah.

Di menit 52, Werner yang mampu mencuri bola dari bek Newcastle menggiring bola ke kotak penalti dan berhadapan satu lawan satu dengan kiper Karl Darlow.

Namun dia memilih mengumpan ke Tamy alih-alih menembak. Sayang umpannya tak begitu baik dan mampu diamankan bek Newcastle.

Sementara sundulan Kurt Zouma menyambut sepak pojok di menit 54 masih menyamping di samping kiri gawang Newcastle.

Menit 57, Isaac Hayden gagal memanfaatkan peluang menyamakan kedudukan. Berdiri bebas di dalam kotak penalti Chelsea, tendangannya justru melambung tinggi.Newcastle yang di babak kedua ini sudah berani keluar menyerang tetap gagal mencetak gol.

Chelsea justru menggandakan keunggulan di menit 65. Lewat skema serangan balik, Werner yang menggiring bola dari sepertiga lapangan sendiri mampu melewati hadangan dua bek Newcastle.

Tanpa egois, Werner yang punya peluang menembak lebih memilih mengumpan ke Tamy yang berdiri bebas. Striker Inggris itu dengan mudah menyepak bola ke gawang Darlow.

Menit 74, Werner mampu mengecoh Darlow dan mencor bola ke dalam gawang. Sayang gol tersebut dianulir wasit karena Werner offside.

Setelah itu, kedua tim saling menyerang dan menciptakan peluang. Namun tak ada gol lagi yang tercipta.

Hingga akhir, Chelsea mampu mempertahankan kemenangan dan membawa pulang tiga poin.

Dengan kemenangan ini, Chelsea melesat ke puncak klasemen sementara dengan 18 poin menggeser Leicester City dengan poin yang sama. Chelsea unggul selisih gol dari Leicester yang baru bermain melawan Liverpool Senin (23/11) dini hari WIB.

Sementara Newcastle tertahan di posisi 13 klasemen dengan koleksi 11 poin.

Susunan Pemain

Newcastle United (5-4-1): Karl Darlow; Jamaal Lascelles, Ciaran Clark, Federico Fernández, Jamal Lewis, Javier Manquillo; Isaac Hayden, Sean Longstaff, Allan Saint-Maximin, Jacob Murphy; Joelinton.

Chelsea (4-3-3): Edouard Mendy; Antonio Rudiger, Kurt Zouma, Ben Chilwell, Reece James; N’Golo Kante, Mason Mount, Mateo Kovacic; Tammy Abraham, Timo Werner, Hakim Ziyech.