Hasil Liga Inggris: Liverpool Gagal Menang Lagi

Liverpool readyviewed hanya mampu bermain imbang melawan Newcastle United dalam pekan ke-16 Liga Inggris yang berlangsung di Stadion St. James Park, Kamis (31/12) dini hari waktu Indonesia.

Kedua kesebelasan tampil dengan starter yang hampir serupa dengan laga terakhir masing-masing. Setelah Paul Tierney meniup peluit kick-off kedua kesebelasan menjajaki menit-menit awal dengan permainan menyerang.

Alot di lini tengah, sesekali Newcastle dan Liverpool berhasil menembus kotak penalti lawan dan membuat kiper bekerja seperti yang dilakukan Callum Wilson pada menit ke-12.

 

Permainan terbuka dalam laga terakhir Liga Inggris pada 2020 ini tak menghasilkan banyak peluang emas. The Reds perlahan mendominasi pertandingan sementara The Magpies berupaya memaksimalkan segala kesempatan mereka menguasai bola.

Mohamed Salah memiliki kans bagus mencetak gol setelah menerima umpan dari Jordan Henderson pada menit ke-34. Peluang Salah dalam situasi satu lawan satu dimentahkan Karl Darow.

Pada detik-detik akhir babak pertama, Darlow kembali mementahkan peluang emas Liverpool mencetak gol melalui sundulan Roberto Firmino.

Newcastle's goalkeeper Karl Darlow makes a save from Liverpool's Roberto Firmino, second right, during the English Premier League soccer match between Newcastle United and Liverpool at St James' Park stadium in Newcastle, England, Wednesday, Dec. 30, 2020. (AP Photo/Scott Heppell)Karl Darlow menepis sundulan Roberto Firmino. (AP Photo/Scott Heppell)

Babak kedua ditandai dengan aliran bola yang silih berganti menerjang pertahanan Newcastle dan Liverpool. Sundulan Sadio Mane menyambut sepak pojok pada menit ke-54 menjadi kans yang hampir berbuah gol.

Liverpool terus mencari celah mencetak keunggulan, termasuk melalui solo run Firmino pada menit ke-67 yang berakhir dengan sebuah sepakan melenceng Salah di dalam kotak penalti. Semenit berselang sundulan Firmino yang tidak mengarah ke gawang padahal Darlow sudah out of position setelah berupaya menghalau bola dari tendangan pojok.

Sebuah peluang Newcastle pada menit ke-79 yang didapat dari sundulan Ciaran Clark masih bisa dihalau Alisson Becker.

Darlow seakan tak mau kalah dengan melakukan penyelamatan yang membuat Liverpool gagal mencetak gol pada menit ke-82. Sebuah umpan dari Andy Robertson diblok Darlow, bola kemudian memantul ke arah Mane. Namun dengan sigap Fabian Schar menghalau bola.

Pada menit ke-88 Darlow lagi-lagi mementahkan peluang Liverpool yang dihasilkan Firmino memanfaatkan sepak pojok Robertson. DeAndre Yedlin kemudian menghalau bola sebelum disambar Salah.

Skor imbang tanpa gol menjadi hasil akhir laga ini. Kendati hanya meraih satu poin, Liverpool masih memimpin klasemen. Sementara Newcastle tetap di papan tengah.

Susunan pemain inti Newcastle United:
Karl Darlow; Ciaran Clark, Federico Fernandez, Fabian Schar; DeAndre Yedlin, Matthew Longstaff, Isaac Hayden, Matt Ritchie; Jacob Murphy, Callum Wilson, Joelinton

Susunan pemain inti Liverpool:
Alisson; Trent Alexander-Arnold, Nathaniel Phillips, Fabinho, Andrew Robertson; Curtis Jones, Jordan Henderson, James Milner; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane