Javier Mascherano Putuskan Gantung Sepatu

BUENOS AIRES – Javier Mascherano akhirnya membuat keputusan mengenai kelanjutan karier sepakbola profesionalnya. Ya, Mascherano akhirnya memilih untuk menutup perjalanan panjang kariernya di dunia sepakbola beberapa saat lalu.

Keputusan tersebut diambil oleh Mascherano seusai menjalani pertandingan antara Estudiantes melawan Argentinos Juniors di ajang Copa Liga Profesional Argentina. Dalam laga itu Mascherano tampil penuh selama 90 menit, meski gagal menyelamatkan Estudiantes dari kekalahan 0-1.

Dalam pengumumannya pensiun, Mascherano merasa bahwa saat ini merupakan momen paling tepat baginya memutuskan pensiun dari dunia sepakbola. Ia juga membantah bahwa keputusannya pensiun dikarenakan serangkaian hasil minor yang didapatkan oleh Estudiantes saat ini.

Javier Mascherano

“Ini adalah waktu untuk menyelesaikan karir saya karena hal-hal yang terjadi pada saya dalam beberapa bulan terakhir, bahwa pada tingkat pribadi dan setelah memikirkannya selama ini, hal yang paling benar adalah menyelesaikannya sekarang,” jelas Mascherano, seperti dikutip dari Metro, Senin (16/11/2020).

 

“Saya telah menjalani profesi saya 100%, saya memberikan yang terbaik yang saya bisa dan hari ini saya merasa sulit untuk sementara waktu dan saya tidak ingin tidak menghormati Estudiantes, yang mempercayai saya untuk kembali ke Argentina, atau kolega saya,” lanjutnya.

“Ini tidak ada hubungannya dengan klub atau dengan hasil, tapi dengan perasaan yang dirasakan belakangan ini, itu membuat keyakinan menjadi pesepakbola memudar. Pasca-pandemi, saya pikir saya akan merasakan semangat lagi, tetapi kenyataannya adalah saya tidak bisa.”

“Karena menghormati semua orang, inilah saatnya untuk menyingkir dan mengakhiri ini. Saya sangat berterima kasih kepada klub tempat saya bermain, rekan satu tim yang saya miliki sepanjang karier saya dan kepada Estudiantes.”

Terlebih mereka memberi saya kesempatan untuk datang dan bermain belakangan ini. Saya berterima kasih kepada pelatih Leandro Desabato, institusi dan kolega saya karena telah bertahan dengan saya kali ini,” imbuh pemain berusia 36 tahun itu.

Dengan begitu, Mascherano pun menyudahi perjalanan 17 tahun kariernya sebagai pesepakbola profesional. Ya, Mascherano sendiri memulai kariernya bersama River Plate, dan sempat diboyong ke Liga Brasil untuk membela Corinthians.

Setelah semusim berkarier di Liga Brasil, Mascherano pun memulai kiprahnya di kompetisi Eropa dengan membela West Ham United, lalu diboyong Liverpool jendela transfer musim dingin 2007 dengan status pemain pinjaman. Berkat penampilan impresifnya, Mascherano pun dipermanenkan oleh Liverpool.

Puncak perjalanan karier Mascherano sebagai pesepakbola profesional terjadi kala ia memperkuat Barcelona. Ya, bersama Barca, Mascherano berhasil menorehkan 19 trofi yang di antaranya adalah lima gelar Liga Spanyol dan dua titel Liga Champions.