Jelang MotoGP Portugal, Mir Disebut Lebih Kuat dari Marquez

 

Direktur teknik Leopard Christian Lundberg memberikan pujian kepada Joan Mir usai jadi juara MotoGP 2020 jelang berlangsungnya MotoGP Portugal pada akhir pekan ini. Lundberg mengatakan Mir merasa lebih kuat dari Marc Marquez.

Mir baru saja mematahkan prediksi banyak orang pada awal musim MotoGP 2020. Kendati tak diunggulkan dalam bursa juara MotoGP 2020, Mir tampil lepas dan di luar dugaan bisa keluar sebagai juara baru MotoGP 2020.


readyviewed
 Mir
 memenangi persaingan melawan Fabio Quartararo, Franco Morbidelli,
 
dan rekan setimnya Alex Rins. Pembalap asal Spanyol itu meraih gelar juara dunia di musim keduanya balapan di MotoGP.

Selain punya skill bagus saat balapan, Mir juga disebut punya mental yang bagus. Lundberg bahkan mengatakan Mir merupakan salah satu dari segelintir pembalap yang tidak gentar dengan nama besar pembalap Repsol Honda, Marc Marquez.

Marquez merupakan pengoleksi enam gelar juara dunia MotoGP. Namun, Baby Alien harus kehilangan kesempatan untuk mempertahankan gelar karena absen nyaris sepanjang musim ini karena patah tulang humerus di MotoGP Spanyol.

“Saya pikir mungkin dia satu-satunya yang tidak terpengaruh hegemoni Marquez dari level psikologis. Dia pikir dia lebih kuat dibandingkan Marquez,” ujar Lundberg seperti dilansir dari GPOne.

Sepanjang musim ini, Mir tampil paling konsisten dibandingkan para pesaingnya. Pembalap berusia 23 tahun itu tujuh kali naik podium dengan satu di antaranya jadi juara seri MotoGP Eropa.”90 persen pembalap sudah merasa kalah dari level psikologis melawan Marquez, sementara Mir tahu bahwa cepat atau lambat dia bisa bermain dalam persyaratan yang sama melawan dia [Marquez] dan mengalahkannya.”

Keberhasilan Mir jadi juara dunia MotoGP 2020 juga menghapus dahaga gelar Suzuki. Pabrikan asal Jepang itu terakhir kali menyambar gelar juara dunia pembalap saat diperkuat Kenny Roberts Jr di kelas 500cc tahun 2000.

Live streaming MotoGP Portugal pada Minggu (22/11) dapat disaksikan di CNNIndonesia.com, sementara siaran langsung balapan bisa ditonton di Trans7.