Jerman Berantakan Seperti Brasil di Piala Dunia 2014

Direktur timnas Jerman Oliver Bierhoff membandingkan kekalahan telak Der Panzer dari Spanyol dengan hasil buruk yang diderita Brasil di Piala Dunia 2014. Menurut Bierhoff, Jerman dan Brasil sama-sama berantakan.

Jerman tidak berdaya saat dihancurkan Spanyol dalam laga lanjutan UEFA Nations League, Rabu (18/11) dini hari waktu Indonesia. readyviewed Enam gol bersarang ke gawang salah satu kiper terbaik di dunia, Manuel Neuer dalam laga tersebut.

Kekalahan ini jadi yang terburuk buat Jerman sejak tahun 1931. Ketika itu, mereka juga takluk dengan skor 0-6 saat bersua Austria dalam laga uji coba.

 

Kekalahan memalukan ini juga lantas mengingatkan publik pada memori buruk Brasil di Piala Dunia 2014. Brasil yang bertindak sebagai tuan rumah dicukur Jerman dengan skor memalukan 1-7 pada babak semifinal.

Germany's Jonathan Tah, reacts with his goalkeeper Manuel Neuer , right, during the UEFA Nations League soccer match between Spain and Germany in Seville, Spain, Tuesday, Nov. 17, 2020. Spain won the match 6-0. (AP Photo/Miguel Morenatti)Manuel Neuer kebobolan enam gol saat Jerman dipecundangi Spanyol. (AP/Miguel Morenatti)

“Di 2014, Brasil berantakan di lapangan dan itu terjadi pada kami hari ini. Saya harap ini satu-satunya,” kata Bierhoff seperti dilansir ESPN.

Meski Jerman baru saja dipermalukan, Bierhoff memastikan posisi pelatih Joachim Loew tetap aman. Bierhoff memastikan kepercayaan untuk pelatih yang mengantarkan Jerman juara Piala Dunia 2014 itu tidak berkurang.

“[Loew] masih memiliki kepercayaan kami dan pertandingan hari ini tidak mengubah apapun,” ucap Bierhoff.

Spanyol sudah unggul 3-0 atas Jerman di babak pertama. Tiga gol La Furia Roja bergantian disumbangkan Alvaro Morata pada menit ke-17, Ferran Torres (33′), dan Rodri (38′).Jerman sebenarnya tinggal membutuhkan hasil seri saat melawan Spanyol untuk lolos ke semifinal UEFA Nations League. Alih-alih mencari hasil imbang, Jerman justru diberondong enam gol tanpa balas oleh La Furia Roja.

Di babak kedua, Jerman tidak juga mampu bangkit. Kondisi ini dimanfaatkan Spanyol yang bisa menambah tiga gol lagi dengan dua gol tambahan dari Torres dan satu gol Mikel Oyarzabal.

Hasil ini membuat Jerman gagal melangkah ke fase selanjutnya. Tiket semifinal disambar Spanyol yang keluar sebagai pemuncak klasemen UEFA Nations League A Grup 4.