Joachim Low Jeblok, Hansi Flick Jadi Pelatih Timnas Jerman Berikutnya?

BERLIN – Pelatih Timnas Jerman, Joachim Low, tengah menjadi sorotan lantaran skuadnya tumbang dengan skor 0-6 dari Spanyol di ajang UEFA Nations League 2020-2021. Kelanjutan karier Low bersama Der Panzer pun kini dipertanyakan.

Low sejatinya sudah menukangi Timnas Jerman sejak 2006. Bahkan, ia mampu mengantarkan Der Panzer menjuarai Piala Dunia 2014. Akan tetapi, setelah itu Timnas Jerman mulai menampilkan performa tidak stabil.

Berstatus sebagai juara bertahan, Timnas Jerman justru gagal total di Piala Dunia 2018. Jangankan mempertahankan gelar juara, mereka bahkan tak mampu lolos dari fase grup. Jerman menjadi juru kunci Grup F setelah tumbang 0-2 dari Korea Selatan di matchday terakhir.

Spanyol vs Jerman

Kini, Jerman ditaklukkan Spanyol 0-6. Melihat negara-negara lain melakukan penyegaran dengan menunjuk sosok pelatih baru, Timnas Jerman pun dirasa perlu melakukan hal yang sama. Adapun pelatih yang digadang-gadang bakal menggantikan Joachim Low adalah Hansi Flick.

Sebagaimana diketahui, Flick tengah naik daun setelah mengantarkan Bayern Munich menyabet treble winner di musim kompetisi 2019-2020. Flick juga sudah mengenal Der Panzer dengan baik lantaran ia pernah menjadi asisten Low sejak 2006-2014.

Direktur Tim Nasional Jerman, Oliver Bierhoff, tidak memungkiri bahwa Hansi Flick adalah seorang juru taktik jempolan dan sudah mengenal iklim sepakbola Jerman dengan sangat baik. Meski begitu, Bierhoff merasa sekarang bukan waktu yang tepat untuk mengganti Low.

Apa yang dia (Flick) bangun sekarang di Bayern Munich dalam waktu singkat benar-benar mengesankan. Kontinuitas yang dia tunjukkan dengan timnya sangat bagus,” sanjung Bierhoff, Rabu (18/11/2020).

“Kami mendapat keuntungan dari para pemainnya yang dilepas untuk tim nasional. Apakah saya mempercayainya? Tentu saja. Apakah saat ini dia menjadi topik? Tidak,” jelas mantan pemain AC Milan tersebut.

Hansi Flick

“Hansi tahu luar dalam DFB (Federasi Sepakbola Jerman). Dia memiliki kualitas dan selalu mengatakan bagaimana dia menghargai asosiasi. Tapi baik untuk kami maupun untuk dia, saat ini bukan itu masalahnya,” pungkas Bierhoff.

Federasi Sepakbola Jerman sejatinya tidak ingin mengambil risiko untuk mengganti Low dengan pelatih baru karena gelaran Piala Eropa 2020 sudah semakin dekat. Dikhawatirkan menunjuk juru taktik baru justru membuat Der Panzer harus memulai dari nol karena sistem yang digunakan pelatih tersebut berbeda dengan Low.