Joan Mir: 7 Podium, 2 Gagal Finis, dan Hampir Juara MotoGP

Pembalap Suzuki Joan Mir memiliki beberapa catatan negatif di awal musim sebelum jadi favorit juara dunia MotoGP 2020.

Mir mengawali musim balapan dengan buruk di awal musim. Pembalap asal Spanyol itu dua kali gagal finis di tiga seri pembuka MotoGP 2020.

Tampil di depan publik sendiri, Mir malah gagal finis di MotoGP Spanyol yang jadi seri pembuka musim. Pembalap 23 tahun itu berhasil memperbaiki prestasinya di seri kedua dengan finis kelima MotoGP Andalusia.

 

Namun, Mir malah kembali terpuruk dan kembali gagal finis di MotoGP Ceko. Lumrah jika namanya tidak masuk hitungan calon juara musim ini.

Namun, takdir berkata lain. Mir mampu unjuk gigi meski sudah dua kali gagal finis. Ia berhasil meraih 7 podium meski tak pernah merebut pole position atau memulai balapan dari posisi terdepan.

Namun, Mir malah sukses meraih 7 podium. Rinciannya, tiga kali podium ketiga, tiga kali runner up, dan sekali juara (MotoGP Eropa).Catatan terbaik Mir di sesi kualifikasi adalah menempati urutan ketiga di kualifikasi MotoGP Styria. Selebihnya, Mir lebih banyak memulai balapan di luar lima besar atau bahkan 10 besar di sepanjang seri.

Kemenangan di MotoGP Eropa pekan lalu jadi bekal bagus Mir ke tangga juara dunia. Saat ini Mir kukuh di puncak klasemen MotoGP 2020 dengan nilai 162 atau unggul 37 poin dari dua rival terdekatnya, Fabio Quartararo dan Alex Rins.

Mir bisa mengunci gelar juara dunia MotoGP 2020 jika finis tiga besar di MotoGP Valencia. Namun, kejutan masih terbuka lebar meski balapan hanya menyisakan dua seri.

Balapan MotoGP Valencia, Minggu (15/11) bisa disaksikan lewat siaran langsung di Trans 7 dan live streaming di CNNIndonesia.com.