Joan Mir Hanya Butuh 14 Poin untuk Juara Dunia MotoGP 2020

 

Joan Mir hanya butuh tambahan 14 poin dari dua seri tersisa untuk bisa jadi juara dunia MotoGP 2020.

Lewat koleksi 162 poin dan memiliki keunggulan 37 angka atas Fabio Quartararo dan Alex Rins, Joan Mir hanya butuh tambahan maksimal 14 poin dari dua seri yang tersisa.

Dengan mengandaikan salah satu dari Quartararo atau Rins memenangkan dua seri tersisa, poin maksimal yang bisa didapat adalah 175 di akhir balapan MotoGP 2020.

 

Gambaran itu tentu membuat Joan Mir hanya butuh tambahan 14 angka untuk memiliki nilai 176 poin alias tak lagi terjangkau oleh Quartararo atau Rins.

Alex Rins di MotoGP Aragon 2020.Alex Rins sulit mengejar Joan Mir. (Dorna Sports)

Catatan tersebut berarti Joan Mir sudah bisa jadi juara dunia MotoGP 2020 bila ia finis di posisi ketiga pada MotoGP Valencia minggu depan. Posisi ketiga di seri MotoGP mendapatkan ganjaran 16 poin.

Meraih tambahan 14 poin dari dua seri tersisa sepertinya tidak akan jadi perkara sulit bagi Joan Mir yang enam kali meraih podium dalam tujuh seri terakhir. Joan Mir bahkan sudah bisa jadi juara dunia MotoGP dengan finis di posisi kesembilan [yang berhadiah tujuh poin] di dua seri terakhir, MotoGP Valencia dan MotoGP Portugal.

Poin yang dibutuhkan oleh Joan Mir untuk jadi juara dunia juga bakal jauh berkurang bila Quartararo dan Rins tidak menjadi pemenang di MotoGP Valencia.

Balapan MotoGP Valencia bakal berlangsung pada Minggu (15/11). Balapan MotoGP Valencia bisa disaksikan lewat siaran langsung di Trans 7 dan live streaming di CNNIndonesia.com.