Joan Mir Kesal Saat Sesi Latihan Bebas MotoGP Qatar 2021

Juara dunia MotoGP Joan Mir sangat kesal dengan hasil hari pertama sesi latihan bebas MotoGP Qatar 2021, Jumat (26/3), sehingga gagal untuk langsung lolos ke Kualifikasi 2 (Q2).

Pembalap Suzuki tersebut mengakui dalam tes pramusim sebelumnya performanya sudah cukup baik. Ia menilai 70 persen timnya telah siap untuk menyambut MotoGP 2021 yang akan dimulai di Qatar, Senin (29/3) dini hari WIB.

Mir mulai sesi latihan bebas (FP) kemarin dengan posisi tercepat kelima, tetapi kemudian melorot ke posisi ke-11 di FP2. Dia kehilangan 10 besar hanya dengan selisih 0,013 detik.

 

Dengan kondisi FP3 yang tidak memungkinkan untuk perbaikan waktu putaran pada urutan gabungan, Mir menghadapi Q1 di sesi kualifikasi pertamanya sebagai juara bertahan MotoGP.

Mir mengaku dirinya mencoba untuk tenang karena ini baru hari pertama latihan bebas. Meskipun, Joan Mir mengakui sulit untuk lebih cepat di FP3 karena cuaca Qatar sangat panas.”Sebenarnya saya sangat kesal hari ini, sekarang, menjadi juara di trek tidak ada artinya,” Mir menggerutu dikutip dari motorsport.com.

“Saya tenang karena ini baru hari pertama, sulit untuk [lebih cepat] di FP3 karena cuaca sangat panas. Jika kami harus melalui Q1, kami akan melalui itu. Yang meyakinkan adalah dalam hal kecepatan, saya termasuk yang terbaik. Ada beberapa hal kecil yang perlu diperbaiki, tetapi saya pikir kami memiliki kecepatan. Ini bisa diperbaiki. ”

Sementara, rekan setimnya Alex Rins berada di urutan kelima pada akhir FP2. Hasil ini mengisyaratkan telah terjadi peningkatan yang dilakukan Suzuki di kualifikasi.

Ini menjadi kelemahan utama Suzuki pada tahun 2020, ketika Joan Mir menjadi juara dunia pertama sejak Wayne Rainey pada tahun 1992 yang tidak pernah mencatatkan posisi terdepan.

Mir juga tidak merasa Suzuki harus mampu memperebutkan pole pada hari Sabtu, tetapi ia menegaskan timnya harus berada di dua baris depan.

“Alex memiliki FP2 yang bagus, tidak perlu ada orang yang menunjukkan kepada saya bagaimana performa Suzuki,” kata Joan Mir.

Joan Mir menyebut Suzuki memiliki peningkatan dalam performa motor, meski tidak boleh cepat puas.

“Kami memiliki banyak ruang untuk peningkatan dengan motor ini dan memang penting bahwa kami berdua memberikan 100 persen dan dia memiliki FP2 yang bagus,” kata Joan Mir.

“Kami harus terus bekerja dan memperbaiki titik lemah kami. Saya tidak mengatakan untuk memperebutkan posisi terdepan, yang cukup sulit bagi kami, tetapi [saya kejar] untuk berada di baris kedua atau berada di sekitar sana,” ucap Joan Mir.Joan Mir berjanji untuk terus bekerja keras memperbaiki kelemahannya.

Live streaming MotoGP Qatar 2021 bisa disaksikan melalui CNNIndonesia.com pada Minggu (28/3) malam. Sementara siaran langsung balapan di Trans7.