Juventus Makin Berat Pertahankan Scudetto

 

Juventus berada dalam posisi yang semakin sulit untuk meraih scudetto ke-10 beruntun pada akhir musim nanti.

Juventus kian tercecer dalam perburuan gelar Liga Italia mendekati akhir musim ini. Hal itu terjadi usai Juventus secara mengejutkan takluk 0-1 dari tim promosi, Benevento di Stadion Juventus, Turin, Minggu (21/3).

Juventus sebenarnya tampil dominan melawan Benevento. Banyak peluang diciptakan oleh Cristiano Ronaldo dkk sepanjang 90 menit.

 

Namun, dominasi itu tidak diimbangi dengan penyelesaian akhir yang baik. Tuan rumah justru kebobolan oleh gol Adolfo Gaich pada pertengahan babak kedua.

Gol Gaich itu membuktikan efektivitas Benevento dalam memanfaatkan peluang. Gol Gaich tercipta dari satu-satunya tembakan tepat sasaran yang dilakukan tim yang diarsiteki Filippo Inzaghi.

Kegagalan meraih kemenangan di kandang membuat Juventus tidak bisa memangkas jarak dengan pemuncak klasemen, Inter Milan. Tim asal Turin tetap di peringkat ketiga dengan 55 poin atau terpaut 10 poin dari La Beneamata.

Inter berhasil meraih delapan kemenangan beruntun di Liga Italia. Rangkaian hasil positif itu membuat Inter berada dalam posisi paling depan untuk mengangkat trofi pada akhir musim ini.Secara matematis jarak 10 poin dengan Inter masih bisa dikejar oleh Juventus. Namun, upaya itu akan sulit karena Inter sedang berlari kencang dalam perburuan gelar Liga Italia musim ini.

Di awal musim ini, Juventus mengusung misi meraih scudetto secara beruntun untuk kali ke-10. Namun, upaya itu menemui jalan terjal karena inkonsistensi penampilan Juventus sejak diarsiteki pelatih Andrea Pirlo.

Sebelum itu, Juventus sudah lebih dulu tersingkir di Liga Champions. Juventus di luar dugaan disingkirkan oleh tim nonunggulan, FC Porto pada babak 16 besar.