Juventus vs Inter: Isyarat Si Nyonya Tua Juara Coppa Italia

Juventus memiliki peluang besar juara Coppa Italia musim ini jelang melawan Inter Milan di leg kedua babak semifinal di Stadion Allianz, Rabu (10/2) dini hari waktu Indonesia.

Kesempatan juara itu terlihat bukan saja karena Si Nyonya Tua menang 2-1 di leg pertama semifinal, tetapi karena rapor pertemuan kedua tim di babak empat besar ini.

Menurut statistik Transfermarkt, ini kali kelima Juventus menghadapi Inter Milan di babak semifinal Coppa Italia sejak 1935/1936.

 

Dalam empat kesempatan sebelumnya, Juventus selalu sukses menyingkirkan Nerazzurri di babak semifinal. Menariknya, setelah mengalahkan Inter, Juventus lebih sering juara Coppa Italia.

Pertemuan pertama Juventus dengan Inter di semifinal Coppa Italia terjadi pada musim 1937/1938.

Pada laga itu Juventus menang 2-0 lewat gol Ernesto Tomasi dan Alfredo Foni di kandang sendiri. Di babak final, Juventus mengalahkan Torino dengan agregat 5-2 dan juara Coppa Italia.

Semifinal 1982/1983 jadi pertemuan kedua Juventus dengan Inter di empat besar. Inter kembali kalah dari Juventus dengan agregat 1-2. Juventus juara Coppa Italia 1982/1983 setelah mengalahkan Hellas Verona dengan agregat 3-2 melalui babak tambahan.

 

Dalam adu penalti tersebut, Inter kalah 4-5 dari Juventus. Meski ke final, namun Juventus gagal juara usai kalah agregat 2-4 dari Lazio.Rapor buruk Inter saat bertemu Juventus di semifinal Coppa Italia berlanjut di musim 2003/2004. Kali ini tim biru-hitam tersingkir lewat adu penalti setelah agregat sama kuat 4-4.

Duel terakhir Juventus vs Inter di semifinal Coppa Italia terjadi di musim 2015/2016. Inter masih belum bisa menang atas Juventus di semifinal karena kalah 4-5 dalam adu penalti usai agregat imbang 3-3. Di final Juventus mengalahkan AC Milan 1-0 dan juara Coppa Italia musim tersebut.