Kalahkan Bayern, Tanda PSG Juara Liga Champions

Paris Saint-Germain (PSG) bisa tersenyum penuh optimisme setelah mereka menaklukkan Bayern Munchen lantaran hal itu bisa jadi pertanda juara Liga Champions.

PSG menyingkirkan Bayern dengan keunggulan agresivitas gol tandang usai agregat sama kuat, 3-3. readyviewed PSG kalah 0-1 di Parc des Princes namun punya tabungan kemenangan 3-2 di Allianz Arena.

Setelah lolos ke semifinal, PSG kini menanti pemenang duel Manchester City melawan Borussia Dortmund. Di luar hal itu, PSG didukung statistik menarik soal Bayern.

 

Dalam delapan dari sembilan musim terakhir, juara Liga Champions adalah Bayern atau tim yang mengalahkan Bayern dalam perjalanan di fase knock out.

Satu-satunya kegagalan tim pemenang duel lawan Bayern adalah Atletico Madrid di musim 2015-2016.

Atletico Madrid's midfielder Gabi (L) vies with Bayern Munich's French forward Franck Ribery during the UEFA Champions League Group D football match Club Atletico de Madrid vs FC Bayern Munich at the Vicente Calderon stadium in Madrid on September 28, 2016. / AFP PHOTO / JAVIER SORIANOAtletico Madrid jadi satu-satunya tim dalam sembilan musim terakhir yang gagal juara Liga Champions meski mengalahkan Bayern Munchen.( AFP PHOTO / JAVIER SORIANO)

Saat itu Atletico menang agresivitas gol tandang lawan Bayern dan lolos ke final Liga Champions. Namun di babak final, Atletico kalah adu penalti dari Real Madrid.

Di luar kegagalan Atletico, semua penakluk Bayern selalu keluar sebagai juara.

Chelsea juara Liga Champions setelah mengalahkan Bayern di final Liga Champions 2011/2012. Real Madrid yang jadi juara di 2013/2014 dan Barcelona yang menang di 2014/2015 sama-sama mengalahkan Bayern Munchen di babak semifinal.

Setelah jadi juara Liga Champions 2015/2016, Real Madrid melengkapi catatan hattrick Liga Champions dengan memenangkan dua gelar Liga Champions di dua musim berikutnya.

Dalam perjalanan tersebut, Madrid selalu melangkahi Bayern yaitu di perempat final (2016/2017) dan semifinal (2017/2018).

Sedangkan di musim 2018/2019, giliran Liverpool yang mampu jadi juara Liga Champions dengan menjadikan Bayern sebagai salah satu korbannya.

The Reds menang agregat 3-1 atas Bayern di babak 16 besar dan terus melaju ke partai final. Di babak final, Liverpool menyingkirkan Tottenham Hotspur dengan skor 2-0.

Dalam sembilan musim terakhir, Bayern Munchen sendiri dua kali juara Liga Champions yaitu pada musim 2013/2014 dan 2019/2020.

PSG kini tengah menanti pemenang Borussia Dortmund vs Manchester City yang berlangsung pada Rabu (14/4) waktu setempat.