Kamaru Usman, Alasan Khabib Tak Naik Kelas di UFC

 

Khabib Nurmagomedov sempat ditantang untuk naik ke kelas welter usai merasa tak tertandingi di kelas ringan. Namun kehadiran Kamaru Usman membuat Khabib sulit untuk naik kelas di UFC.

Khabib seringkali terlihat lebih besar dibandingkan lawan-lawannya di hari H pertarungan pada kelas ringan. Hal itu tak lepas dari fakta bahwa bobot Khabib sehari-hari memang jauh lebih besar dari rata-rata petarung di kelas ringan.

Diet ketat Khabib agar masuk batas berat kelas ringan pada hari timbang badan selama ini disebut jadi kunci sukses Khabib mendominasi kelas ringan karena ia kemudian bakal jadi jauh lebih besar saat hari pertarungan dilaksanakan.

 

Namun banyak pula anggapan yang menyebut Khabib memang makin kesulitan melakukan diet ketat demi masuk batas bawah kelas ringan. Khabib sudah selayaknya naik ke kelas welter.

NEW YORK, NY - NOVEMBER 09: Khabib Nurmagomedov of Russia addresses the media during UFC 205 Ultimate Media Day at The Theater at Madison Square Garden on November 9, 2016 in New York City.   Michael Reaves/Getty Images/AFPKhabib seringkali ditantang untuk naik ke kelas welter. ( AFP/Michael Reaves)

Khabib pernah menyatakan bahwa dirinya adalah petarung kelas ringan.

“Saya secara natural adalah petarung kelas ringan. Karier saya di UFC dimulai sebagai petarung kelas ringan dan akan berakhir di sini.”

“Saya tak ingin merasakan pengalaman. Saya sudah melakukan pekerjaan dengan baik di kelas ringan selama delapan tahun dan ingin mengakhiri karier di kelas ini,’ kata Khabib tahun lalu.

Selain alasan tersebut, alasan lain yang mungkin membuat Khabib berat hati naik ke kelas ringan adalah lantaran penguasa kelas tersebut adalah Kamaru Usman. Khabib dan Usman merupakan sahabat dekat selama bertahun-tahun.

Dengan kondisi Usman berstatus sebagai juara bertahan, tentu Khabib sulit untuk naik ke kelas welter bila ia sendiri tak mau menghadapi Usman. Di luar Usman, sejumlah petarung kelas welter seperti Colby Covington sudah pernah menantang Khabib untuk datang ke kelas welter.

Keengganan Khabib naik ke kelas welter bakal menemui ujian ketika ia dihadapkan pada peluang duel lawan Georges St-Pierre.Seperti halnya Khabib, Usman juga belum pernah merasakan kekalahan dalam kariernya di UFC. Namun secara keseluruhan, Usman pernah menelan satu kekalahan di awal kariernya sebagai petarung MMA.

GSP disebut sebagai satu-satunya petarung yang mungkin membuat Khabib ingin kembali berlaga di UFC. Namun GSP sudah menegaskan tidak akan mau bertarung di bobot tubuh kelas ringan karena itu bakal merugikan dirinya yang terbiasa berlaga di kelas menengah.

Salah satu solusi untuk duel tersebut adalah bertarung di kelas catchweight atau bobot tubuh yang ditentukan yang tentunya di atas batas bobot tubuh kelas ringan.

Khabib saat ini berstatus pensiun setelah ia mengumumkan mundur dari dunia MMA usai menang atas Justin Gaethje.