Koeman: Barcelona Lebih Baik saat Ada Messi

 

Pelatih Barcelona Ronald Koeman mengakui timnya lebih baik jika Lionel Messi terlibat bermain dibandingkan saat absen.

Semula Koeman sudah menyiapkan beberapa skenario tanpa Messi yang sudah berniat hengkang sejak akhir musim lalu. Namun, rencananya berubah setelah Messi bertahan di Camp Nou.

Tak dimungkiri, Messi tetap jadi pembeda di Barcelona. Koeman bahkan nyaris selalu menurunkan Messi sebagai starter di semua kompetisi musim ini.

 

Koeman menegaskan Messi punya komitmen tinggi untuk Barcelona meski sempat menyatakan keinginan pergi.

“Messi telah menunjukkan kepada saya sebagai orang yang ingin memenangi banyak gelar, menjadi yang terbaik, dan terus jadi yang terbaik, meskipun ia punya masalah dengan klub,” kata Koeman seperti dilansir Marca.

“Barca sudah dan akan jadi tim yang lebih baik bersama Messi daripada tanpanya,” ujar Koeman.

Barcelona tampil impresif di Liga Champions dengan meraup tiga kemenangan beruntun. Namun, pencapaian itu tak sejalan dengan prestasi di Liga Spnayol.Sejak tiba di Barcelona Koeman mengaku sudah berbicara empat mata di kediaman Messi. Keterbukaan di antara keduanya bisa membuka jalan kerja sama membangkitkan prestasi Barcelona.

Blaugrana saat ini terdampar di posisi kedelapan klasemen sementara La Liga dengan nilai 11 atau tertinggal sembilan poin dari Real Sociedad yang berada di puncak. Namun, Barca masih menyisakan dua pertandingan lebih sedikit.

“Benar bahwa kami telah kehilangan banyak poin di liga pada pertandingan yang seharusnya bisa mencapai hasil lebih baik. Keputusan wasit ikut memengaruhi hasil akhir dalam beberapa pertandingan,” terang Koeman.

“Kami tahu harus meningkatkan banyak hal dan kami sedang bekerja keras untuk mewujudkannya. Sekarang kami memiliki waktu istirahat dan sudah menyiapkan jadwal yang pas ketika kompetisi bergulir kembali,” ujar eks pelatih Ajax.