Krisis Bek, Klopp Lanjutkan ‘Mascherano Solusi’

 

Pelatih LiverpoolJurgen Klopp tak punya pilihan selain kreatif dan melanjutkan cara ‘Javier Mascherano solusi’ yang sukses menjadi bek tengah saat membela Barcelona.

The Reds saat ini benar-benar krisis lini belakang setelah Joe Gomez menambah panjang daftar cedera. Joe Gomez akan absen lama dan bakal melewatkan sebagian besar laga sisa musim 2020/2021 karena cedera.

Sebelumnya, dilansir situs resmi Liverpool, dalam waktu kurang dari empat minggu, Klopp harus menerima kenyataan empat bek tengahnya cedera.

 

Di mulai dari Virgil van Dijk cedera ACL, Joel Matip, dan sekarang Joe Gomez. Fabinho yang juga diplot sebagai bek dadakan dan sempat mengalami cedera paha.

Namun Fabinho dan Matip sudah bisa bermain. Artinya Klopp tak punya pelapis bagi lini belakangnya.

Klopp pun harus bisa kreatif dengan situasi saat ini. Dia bisa menyulap seorang gelandang tengah untuk menjadi bek seperti yang sudah dilakukan dengan Fabinho.

Liverpool's Fabinho, saves from the goal line after a header from Ajax's captain Dusan Tadic from scoring during the group D Champions League soccer match between Ajax and Liverpool at the Johan Cruyff ArenA in Amsterdam, Netherlands, Wednesday, Oct. 21, 2020. (AP Photo/Peter Dejong)Jurgen Klopp menyulap Fabinho sebagai bek tengah Liverpool. (AP/Peter Dejong).

Sebab, dengan Fabinho dan Matip yang tersedia saat ini, kemungkinan mereka kembali cedera sangat terbuka. Mengingat 12 pertandingan telah menunggu Liverpool mulai dari Leicester pada 21 November hingga Southampton pada 2 Januari mendatang.

Selain Fabinho, Liverpool punya Jordan Henderson, James Miller, Gini Wijnaldum yang bisa diplot sebagai bek tengah.

“Mereka semua tidak lebih kecil dari Mascherano, misalnya, dan dia bermain cukup baik di posisi itu,” kata pelatih asal Jerman ini.”Kami masih memiliki opsi lain seperti Henderson, atau Gini atau James [Milner] dan Robbo juga bisa bermain sebagai bek tengah,” kata Klopp.

Sementara di tengah, Liverpool relatif masih punya pemain lain yang bisa mengisi rotasi seperti Thiago yang diharapkan bisa kembali dari cederanya dalam waktu dekat.

Liverpool juga masih punya Naby Keita di tengah, sehingga jika Fabinho dan satu di antara Henderson, Wijnaldum, atau Miller diplot sebagai bek tengah, lini tengah masih tetap aman.