Lewandowski Anomali Pemain Terbaik Dunia?

Penyerang Bayern Munchen Robert Lewandowski telah dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Dunia FIFA 2020. Lewandowski mengalahkan duo berlabel Greatest of All Time (GOAT), Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Keberhasilan Lewandowski sesuai prediksi banyak pihak. Bomber asal Polandia itu dianggap memenuhi semua syarat untuk terpilih sebagai yang terbaik pada tahun ini.

Hal itu mengacu prestasi Lewandowski bersama Bayern di semua kompetisi pada musim lalu. Die Roten meraih lima gelar usai jadi juara Bundesliga, Liga Champions, DFB Pokal, Piala Super Jerman, dan Piala Super Eropa.

 

Bayern bahkan begitu superior di tiga kompetisi utama yaitu Bundesliga, Liga Champions, dan DFB Pokal. Racikan Hansi Flick dengan mengandalkan Lewandowski di lini depan membuat tim-tim lawan ketakutan.

Bayern tampil dominan di Bundesliga dengan menjadi juara berkat keunggulan 13 poin atas pesaing terdekat Borussia Dortmund. Di final DFB Pokal, Bayern mengalahkan Bayer Leverkusen dengan skor 4-2.

Bayern's Robert Lewandowski holds the trophy after Bayern Munich won the Champions League final soccer match between Paris Saint-Germain and Bayern Munich at the Luz stadium in Lisbon, Portugal, Sunday, Aug. 23, 2020. (Lluis Gene/ Pool via AP)Robert Lewandowski berhasil mengantarkan Bayern Munchen juara Liga Champions musim lalu. (AP/Lluis Gene)

Sedangkan di final Liga Champions, Bayern menang tipis 1-0 atas Paris Saint-Germain, 23 Agustus 2020. Hasil itu membuat Bayern menutup musim dengan keberhasilan meraih tiga gelar besar plus dua trofi Piala Super Jerman dan Piala Super Eropa.

Hebatnya lagi di tiga kompetisi itu nama Lewandowski selalu jadi yang teratas soal urusan striker tersubur. Lewandowski jadi pemuncak daftar top skor di Bundesliga, Piala Jerman, hingga Liga Champions.

Penyerang berusia 32 tahun itu menjaringkan 34 gol di Bundesliga. Di Liga Champions, Lewandowski bisa mengemas 15 gol dan enam gol di DFB Pokal.

Total 55 gol dicetak seorang Lewandowski sepanjang musim lalu di semua kompetisi. Mantan pemain Dortmund itu melakukannya hanya dalam 47 pertandingan.

Prestasi yang diukir Lewandowski jelas jauh lebih mentereng ketimbang Ronaldo dan Messi. Dua nama yang begitu dominan soal perebutan trofi pemain terbaik dalam satu dekade terakhir.

Ronaldo hanya mempersembahkan scudetto Serie A untuk Juventus dan gagal jadi top skor karena kalah dari Ciro Immobile (Lazio). Messi lebih memprihatinkan karena hampa gelar bersama Barcelona meski berhak menyandang gelar top skor La Liga.

Perbedaan signifikan ini membuat Lewandowski lebih dari layak untuk mengalahkan Ronaldo dan Messi. Prestasi individu dan tim Lewandowski jauh lebih mentereng ketimbang Ronaldo dan Messi.

Barcelona's Lionel Messi gestures during the Spanish La Liga soccer match between FC Barcelona and Osasuna at the Camp Nou stadium in Barcelona, Spain, Sunday, Nov. 29, 2020. (AP Photo/Joan Monfort)Lionel Messi hampa gelar bersama Barcelona pada musim 2019/2020. (AP/Joan Monfort)

Jalan menuju gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA 2020 juga sudah dimulai Lewandowski dengan merebut gelar pemain terbaik Eropa pada awal Oktober lalu. Ia mengalahkan gelandang Manchester City, Kevin De Bruyne dan rekan setimnya, Manuel Neuer.

Gelar tersebut menjadi fondasi buat Lewandowski menuju status pemain terbaik dunia. Meskipun sebenarnya, pemain kelahiran Warsawa, Polandia itu bisa menyandingkan trofi ini dengan Ballon d’Or andai tetap digelar tahun ini.

Di luar semua prestasi individu dan tim itu, Lewandowski juga terbilang beruntung bisa dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Dunia FIFA 2010. Gelar itu mungkin tidak akan jadi miliknya andai Piala Eropa 2020 tidak ditunda karena situasi pandemi virus corona.

Hal ini dikarenakan Lewandowski memperkuat tim yang tidak masuk kategori raksasa di Piala Eropa atau Piala Dunia. Lewandowski memperkuat Polandia, tim yang belum sekalipun jadi juara di turnamen tersebut.

Polandia jelas bukan tim besar seperti halnya Portugal, Prancis, Italia, atau Spanyol. Prestasi terbaik Polandia juga hanya sebatas lolos hingga perempat final di Piala Eropa 2016.

Fakta itu memperlihatkan sulit buat Lewandowski membawa Polandia bersaing dengan tim-tim yang lebih kuat di ajang besar. Apalagi untuk bicara lebih jauh untuk meraih gelar Piala Eropa.

Jika Piala Eropa tetap digelar tahun ini, bukan tidak mungkin gelar Pemain Terbaik FIFA 2020 bisa jatuh ke tangan penyerang PSG, Kylian Mbappe atau justru Ronaldo. Mbappe dan Ronaldo didukung komposisi pemain di timnas masing-masing yang lebih baik ketimbang Lewandowski.Tidak bisa dipungkiri pula sebuah ajang besar kerap jadi tolok ukur untuk seorang pemain dianggap layak atau tidak layak terpilih sebagai peraih Ballon d’Or atau Pemain Terbaik Dunia FIFA 2020.

Terlepas dari semua andai-andai itu, Lewandowski sudah sah jadi Pemain Terbaik Dunia FIFA 2020. Gelar ini juga menjadi hadiah atas performa konsisten pemain yang mengawali karier bersama Delta Warsawa itu sepanjang tahun ini.Mbappe juga bisa membawa PSG jadi runner up dan mendominasi kompetisi domestik. Sedangkan gelar Piala Eropa dan scudetto Serie A jelas akan membuat Ronaldo sebagai favorit untuk menambah koleksi gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA di lemari prestasinya.