Lewati Rekor Buffon, Sergio Ramos Catatkan Penampilan Terbanyak Bersama Timnas

BASEL – Sebuah rekor mengagumkan tercatat atas nama Sergio Ramos. Pesepakbola asal klub Real Madrid itu menjadi pemain dengan jumlah penampilan terbanyak bersama tim nasional (timnas) di Eropa. Ia bahkan berhasil mengalahkan Gianluigi Buffon.

Laga antara Timnas Swiss vs Spanyol di ajang UEFA Nations League 2020-2021 itu menjadi capaian tersendiri bagi Sergio Ramos. Itu merupakan pertandingan ke-177 kali baginya dengan mengenakan seragam La Furia Roja.

Catatan tersebut berhasil membuat Sergio Ramos melewati rekor milik Gianluigi Buffon. Sebelumnya, kiper berusia 42 tahun itu adalah pemegang rekor penampilan terbanyak di level internasional dengan 176 kali bermain untuk Timnas Italia.

Sergio Ramos debut sejak 2005 (Foto: Twitter/@SeFutbol)

“Sergio Ramos membuat penampilan ke-177 untuk Timnas Spanyol (129 kemenangan, 23 gol), sekaligus menjadi pesepakbola pria di Eropa dengan jumlah caps terbanyak (Gianluigi Buffon – 176). Abadi,” cuit akun Twitter @OptaJose, Minggu (15/11/2020).

Ya, Sergio Ramos seakan tidak tergantikan di lini belakang Timnas Spanyol sepanjang 15 tahun terakhir. Sejak menjalani debut pada 26 Maret 2005, pesepakbola berusia 34 tahun itu selalu menghiasi skuad, kecuali cedera atau menjalani akumulasi kartu.

Debutnya untuk Timnas Spanyol terjadi ketika menjamu China pada 26 Maret 2005. Saat itu, Spanyol masih dilatih oleh mendiang Luis Aragones. Sejak itu, Sergio Ramos nyaris tidak tergantikan sebagai pengawal lini belakang Timnas Spanyol.

Tidak hanya handal di belakang, Sergio Ramos pun cukup ahli menjebol gawang lawan. Total, pesepakbola kelahiran Camas itu mengemas 23 gol dan tujuh assist. Ia hanya terpaut enam gol dari bek paling subur Timnas Spanyol, Fernando Hierro.

Walau begitu, trofi yang berhasil disumbangkan untuk Timnas Spanyol jauh lebih banyak. Sergio Ramos tercatat pernah memenangi Piala Eropa dua kali (2008 dan 2012) serta satu Piala Dunia (2010) bersama Timnas Spanyol.

Sayangnya, rekor spesial itu tidak diikuti dengan catatan manis. Sergio Ramos gagal membawa Timnas Spanyol menang di kandang Swiss. Anak asuh Luis Enrique hanya mampu bermain 1-1 di Stadion St. Jakob Park, Basel.

Celakanya lagi, Sergio Ramos gagal melesakkan dua eksekusi penalti sekaligus. Kegagalan itu sungguh menyesakkan karena seharusnya bisa membawa negaranya berbalik unggul 2-1 setelah tertinggal lebih dulu lewat gol Remo Freuler (26’). Beruntung, Gerard Moreno menyelamatkan muka Spanyol di menit-menit akhir.