LIB Siapkan Prokes Liga 1 Demi Yakinkan Polri

Operator kompetisi PT. Liga Indonesia Baru (LIB) sudah menyiapkan protokol lengkap untuk lebih meyakinkan pihak kepolisian bahwa Liga 1 2021 bisa berjalan dengan aman di tengah pandemi Covid-19.

Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita mengatakan pihaknya sudah menyiapkan protokol kesehatan ketat sejak saat berencana menggulirkan Liga 1 sebelum Oktober 2020 lalu.

“Proposal liga mulai dari jadwal, tempat, SOP [prosedur standar] protokol kesehatan sudah dipaparkan dari sebelum Oktober ke Baintelkam Polri,” kata Hadian kepada CNNIdonesia.com, Kamis (4/2).

 

“Hanya saja sekarang diminta untuk lebih lengkap, lebih detail supaya lebih meyakinkan lagi,” sambungnya.

Sebelumnya, Polri melalui Baintelkam Polri Kombes Pol. Budi Sajidin menyebut pihak kepolisian telah memberikan lampu hijau untuk Liga 1 2021 bisa bergulir kembali.Detail protokol kesehatan (prokes) lengkap yang akan diterapkan saat Liga 1 berjalan nantinya akan dipresentasikan LIB ke Polri. Hadian berharap kelengkapan detail prokes yang ketat bisa membuat izin segera diterbitkan.

“Lampu hijaunya adalah kemarin saya dapat informasi dari Asops Kapolri Imam Sugianto yang menyatakan bahwa untuk tata cara kegiatan Liga 1 sepak bola kemungkinan ini bisa dilaksanakan, ini sudah dipertimbangkan,” kata Budi.

Budi juga menyatakan peluang terbaik izin Liga 1 2021 diberikan Polri adalah jika pertandingan digelar tanpa penonton.