Liverpool Krisis Bek Tengah Usai Fabinho Cedera

 

Fabinho mengalami cedera saat Liverpool  mengalahkan FC Midtjylland 2-0 pada matchday kedua Grup D Liga Champions di Anfield, Rabu (28/10) dini hari WIB. Cedera Fabinho membuat bek tengah The Reds keropos.

Fabinho diduetkan dengan Joe Gomez di laga ini. Namun, pemain serba bisa asal Brasil itu hanya bisa bermain selama 30 menit.

Fabinho mengalami cedera saat berlari kembali ke area pertahanan Liverpool. Mantan pemain AS Monaco itu mengalami masalah dengan hamstring dan langsung meminta untuk diganti pemain lain.

 

Posisi Fabinho kemudian digantikan oleh Rhys Williams, bek muda berusia 19 tahun. Williams berduet dengan Gomez hingga laga usai.

Liverpool's Virgil van Dijk runs with the ball during the English Premier League soccer match between Liverpool and Aston Villa at Anfield Stadium in Liverpool, England, Sunday, July 5, 2020. (Carl Recine/Pool via AP)Virgil van Dijk lebih dulu menepi dari skuad Liverpool karena cedera parah. (AP/Carl Recine)

Cedera Fabinho menimbulkan masalah baru buat pelatih Jurgen Klopp. Hal ini lantaran tim kota pelabuhan kembali kehilangan pemain yang bisa diplot sebagai bek tengah.

Fabinho sendiri merupakan bek tengah darurat. Pemain yang berposisi asli sebagai gelandang bertahan itu ditempatkan sebagai bek tengah untuk menggantikan Virgil Van Dijk dan Joel Matip yang cedera.

Virgil van Dijk sudah dipastikan absen dalam waktu lama karena mengalami cedera parah. Bek tangguh asal Belanda itu cedera anterior cruciate ligament (ACL) dan dikabarkan bakal absen hingga akhir musim ini.

Cederanya tiga pemain ini membuat Liverpool hanya punya satu bek senior yakni Gomez yang siapkan dimainkan. Di luar itu, Klopp hanya punya pemain-pemain muda seperti Williams, Nathaniel Phillips, Sepp van den Berg, dan Billy Koumetio.Selain Van Dijk, Liverpool masih punya Matip. Namun, mantan pemain Schalke itu juga masih menepi karena cedera saat melawan Everton.

Situasi ini membuat Klopp harus putar otak. Pelatih asal Jerman itu dituntut mencari solusi terbaik untuk mencari tandem Gomez dalam beberapa laga ke depan.