Liverpool Tanpa Van Dijk: 100 Persen Menang, Tiga Clean Sheet

 

Liverpool berhasil membuktikan bahwa mereka bisa menutupi ketiadaan Virgil van Dijk yang cedera panjang. Sejak Van Dijk absen, Liverpool selalu menang dan mencatat tiga clean sheet.

Sejak Van Dijk cedera di laga lawan Everton, Liverpool sudah melakoni lima pertandingan yaitu melawan Ajax Amsterdam, Midtjylland, dan Atalanta di Liga Champions serta Sheffield United dan West Ham United di Liga Inggris.

Duel perdana Liverpool tanpa Van Dijk adalah laga lawan Ajax. Meski kesulitan, Liverpool bisa menang 1-0 lewat gol bunuh diri Nicolas Tagliafico.

 

Dalam duel lawan Sheffield, Liverpool berhasil mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 2-1. Tertinggal lebih dulu, gol Roberto Firmino sukses membalikkan keadaan.

Liverpool's Virgil van Dijk, left, celebrates with Takumi Minamino after his side's first goal during the English Premier League soccer match between Newcastle and Liverpool at St. James' Park in Newcastle, England, Sunday, July 26, 2020. (Laurence Griffiths, Pool via AP)Virgil van Dijk absen untuk waktu yang panjang. (AP/Laurence Griffiths)

Pada laga selanjutnya, Liverpool mampu menang dua gol tanpa balas lawan Midtjylland. Diogo Jota dan Mohamed Salah yang jadi penentu kemenangan di laga ini.

Sementara itu di laga lawan West Ham, Liverpool kembali tertinggal lebih dulu sampai akhirnya Mohamed Salah dan Diogo Jota memberikan tiga poin untuk Liverpool.

Setelah hanya menang tipis di beberapa laga, Liverpool justru mampu menang telak pada duel lawan Atalanta yang dianggap jadi duel terberat sejak Van Dijk cedera. The Reds menang 5-0 dalam laga yang diwarnai hattrick Jota.

Keberhasilan Liverpool selalu menang di lima pertandingan usai Van Dijk cedera tentu jadi hal yang memuaskan. Berkat kemenangan-kemenangan itu, Liverpool jadi pemuncak klasemen di Liga Inggris dan di grup Liga Champions.

Klopp sukses mencari solusi ketiadaan Van Dijk di lini belakang meski Fabinho yang diplot jadi pengganti Van Dijk ikut cedera usai laga lawan Ajax. Kembalinya Alisson Becker ke posisi penjaga gawang juga turut memperkuat lini pertahanan Liverpool.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Alhasil, Liverpool juga menorehkan tiga clean sheet dan total hanya kebobolan dua gol dalam kurun waktu lima laga tersebut.

Rentetan lima kemenangan ini tentu jadi modal bagi Liverpool untuk lebih percaya diri menghadapi laga-laga berikutnya. Dalam tiga laga ke depan, Liverpool sudah dinanti lawan berat yaitu Manchester City, Leicester City, dan Atalanta.

Van Dijk sudah menjalani operasi lutut yang cedera akibat diterjang kiper Everton, Jordan Pickford. Meski demikian, Liverpool belum mengumumkan prediksi Van Dijk kembali ke lapangan.