Liverpool vs Manchester United, Game On!

 

Kemenangan Manchester United atas Aston Villa membuat persaingan gelar Liga Inggris semakin panas. Apakah Man United layak disebut sebagai rival Liverpool dalam perebutan gelar Premier League musim ini?

Dua bulan lalu, readyviewed tepatnya 1 November 2020, Man United menelan kekalahan 0-1 dari Arsenal di Old Trafford. Gol tunggal Pierre-Emerick Aubameyang memastikan kemenangan Arsenal atas Man United.

Kekalahan tersebut membuat Man United tertinggal sembilan poin dari Liverpool yang berada di puncak klasemen. Di titik ini tidak ada orang yang memprediksi dua bulan kemudian Man United akan menyamai poin Liverpool di puncak klasemen Liga Inggris.

 

Jika ditarik lebih jauh, satu tahun lalu Man United kalah dari Arsenal 0-2 di Stadion Emirates. Kekalahan itu membuat Man United tertinggal hingga 24 poin dari Liverpool yang berada di puncak klasemen. Kondisi serupa diprediksi kembali akan dialami Man United musim ini memasuki tahun baru usai kekalahan dari Arsenal pada 1 November lalu.

Namun, Harry Maguire dan kawan-kawan membalikkan semua prediksi. Sepuluh pertandingan berlalu sejak kekalahan dari Arsenal, Man United di luar dugaan sukses menyamai torehan 33 poin Liverpool di puncak klasemen. Delapan kemenangan diraih The Red Devils dalam sepuluh laga terakhir dan dua hasil imbang, alias 26 poin dari 30 poin maksimal yang bisa diraih.

Manchester United's manager Ole Gunnar Solskjaer, right speaks to Aston Villa's Jack Grealish as they walk from the pitch after the end of the English Premier League soccer match between Manchester United and Aston Villa at Old Trafford in Manchester, England, Friday, Jan. 1, 2021. United won the game 2-1. (Carl Recine/ Pool via AP)Ole Gunnar Solskjaer sukses membuat Man United tampil konsisten dalam sepuluh laga terakhir di Liga Inggris. (Carl Recine/ Pool via AP)

Sukses Man United menyamai poin Liverpool di puncak klasemen Liga Inggris tidak lepas dari keberhasilan Ole Gunnar Solskjaer mengeluarkan kemampuan terbaik dari sederet pemain bintang Man United, termasuk Paul Pogba dan Eric Bailly.

Pogba mulai menemukan konsistensi permainan di atas lapangan, sama konsistennya dengan ‘penampilan’ gelandang asal Prancis itu di media sosial. Pogba merupakan pemain Man United dengan penampilan terbaik saat mengalahkan Aston Villa.

Selain memberi Man United penalti untuk gol kemenangan yang dieksekusi Bruno Fernandes, gelandang 27 tahun itu melakukan empat tembakan, 77 persen umpan sukses, 2 tekel sukses, dan 5 duel aerial sukses.

Liverpool juga memiliki peran penting dalam kebangkitan Man United di Liga Inggris. Tim asuhan Jurgen Klopp itu hanya mampu meraih 5 kemenangan dan 5 hasil imbang dalam sepuluh laga terakhir, di saat Man United mulai menemukan performa terbaik.Kehadiran Eric Bailly juga menjadi salah satu kunci sukses Man United sejauh ini. Perubahan kecil yang dilakukan Solskjaer dengan menduetkan Bailly-Harry Maguire di jantung pertahanan Man United terbukti sukses. Duet Bailly-Maguire terlihat lebih meyakinkan di lini belakang daripada duel Maguire dengan Victor Lindelof.

Januari Penentu

Sedikit naif memang untuk menyebut Man United akan menjadi penantang utama Liverpool di Liga Inggris musim ini. Alasan pertama musim masih menyisakan 22 pertandingan. Alasan kedua adalah posisi di papan atas Liga Inggris musim ini sangat dinamis.

Liverpool beberapa kali berganti rival di puncak klasemen, mulai dari Tottenham Hotspur, Chelsea, bahkan Southampton. Namun, tidak ada yang mampu memberi tekanan abadi terhadap Liverpool di puncak klasemen. Lalu kemudian apa yang membuat Man United layak disebut sebagai rival Liverpool di Liga Inggris?

Saat ini pertanyaan itu belum bisa dijawab. Namun, setidaknya secara statistik Man United pantas disebut sebagai ancaman terbesar Liverpool setelah tampil konsisten dalam sepuluh pertandingan terakhir.

Jawaban baru akan muncul usai Januari 2021 selesai. Jika Man United bisa terus membayangi Liverpool di puncak klasemen hingga bulan ini selesai, atau bahkan melewati The Reds, maka The Red Devils pantas disebut sebagai salah satu kandidat juara.

Baik Liverpool dan Man United akan melalui jadwal yang cukup berat di Premier League pada Januari 2021. Selain Liverpool dan Man United akan bertemu, sang juara bertahan juga akan menghadapi Tottenham serta West Ham United. Sementara Man United akan dijamu Arsenal pada akhir bulan.

Kondisi kebugaran skuad juga akan menentukan posisi Liverpool dan Man United di akhir Januari 2021. Perlu diingat Liverpool sedang mengalami krisis pemain di lini belakang.Di antara jadwal ketat di Liga Inggris, Liverpool juga masih harus menghadapi Aston Villa di Piala FA. Man United juga tidak kalah sibuknya, termasuk melawan Manchester City di semifinal Piala Liga Inggris pada 6 Januari mendatang.

Untuk sementara Liverpool vs Man United di Stadion Anfield pada 17 Januari mendatang akan menjadi duel yang dinanti-nanti. Hasil laga tersebut bisa menjadi langkah pertama penentuan gelar Premier League baik Liverpool dan Man United. Jadi, GAME ON!