Man United Lagi-Lagi Diuntungkan VAR, Bruno Fernandes Beri Pembelaan

MANCHESTER – Manchester United berhasil memetik kemenangan atas West Bromwich Albion (WBA) di laga pekan kesembilan Liga Inggris 2020-2021 pada Minggu (22/11/2020) dini hari WIB. Bruno Fernandes pun menjadi pahlawan Man United karena mencetak satu-satunya gol dalam kemenangan 1-0 mereka atas WBA.

Kemenangan tipis itu bisa dikatakan direbut Man United dengan susah payah. Namun, ada saja pihak yang merasa kemenangan Man United itu tidak adil karena disebut The Red Devils telah diuntungkan oleh Video Assistant Referee (VAR).

Keuntungan yang didapatkan Man United itu terjadi ketika laga memasuki menit 47. Bruno Fernandes terlihat melanggar pemain WBA, Conor Gallagher di kotak terlarang.

Aksi Bruno Fernandes saat melakukan tendangan penalti

Wasit pada laga tersebut, David Coote pun langsung menunjuk titik putih yang menandakan penalti untuk WBA. Namun, sikap sang pengadil berubah 180 derajat setelah mendapat bisikan dari petugas VAR.

Karena masih kurang yakin, sang pengadil lantas melihat sendiri tayangan ulang terjadinya pelanggaran. Setelah yakin, David Coote justru membatalkan keputusan memberi hadiah penalti tersebut.

Momen tersebutlah yang disebut-sebut menjadi bukti bahwa Man United lagi-lagi diuntungkan oleh VAR. Sebab jika melihat tayang ulangnya, memang sempat ada sentuhan antara kaki Fernandes dengan Gallagher.

Mendengar perkataan Man United telah diuntungkan VAR karena tak memberikan penalti untuk WBA, Fernandes sebagai pelaku utama atas insiden tersebut pun mencoba memberikan pembelaan. Menurut pemaparannya, memang benar ada kontak yang terjadi antara dirinya dengan Gallagher.

Akan tetapi, Fernandes menegaskan bahwa ia telah menyentuh bola terlebih dahulu barulah kaki Gallagher. Jadi, karena ia sudah mampu menendang bola terlebih dahulu ia merasa seharusnya hal tersebut memang bukanlah sebuah pelanggaran.

Jadi, Fernandes merasa tidak benar jika VAR sudah membantu Man United dengan tak memberikan hadiah penalti kepada WBA pada laga yang berlangsung di Stadion Old Trafford tersebut. Fernandes merasa tekelannya benar-benar aman dari pelanggaran.

“Pada sentuhan pertama, saya mengenai bola. Setelah menyentuh bola, barulah ada sentuhan kedua (dengan Gallagher). Saya tidak tahu pasti, karena saya belum melihat tayang ulangnya. Namun, apa yang saya rasakan adalah saya menyentuh bola dulu baru kemudian pemain,” jelas Fernandes, melansir dari Manchester Evening News, Minggu (22/11/2020).