Marquez Puji Mir, Singgung Inkonsistensi Pembalap Yamaha

 

Pembalap Repsol Honda, Alex Marquez memberikan pujian kepada Joan Mir dan juga menyoroti performa tidak konsisten pembalap Yamaha di MotoGP 2020.

Marquez mengatakan konsistensi jadi kunci pembalap Suzuki Ecstar itu merengkuh gelar juara dunia MotoGP 2020. Konsistensi itu yang membuat Mir naik podium tujuh kali dan satu kali juara seri di MotoGP Eropa.

Konsistensi yang ditunjukkan Mir berbanding terbalik dengan pembalap Yamaha, khususnya Fabio Quartararo. El Diablo malah melempem di fase-fase krusial walau mengukir tiga kali juara seri atau sama dengan yang dibukukan rekan setimnya di Petronas Yamaha, Franco Morbidelli.

 

“Dia konsisten. [Jika] pembalap lain memiliki konsistensi yang dia miliki, mungkin itu seperti kejuaraan yang berbeda,” ujar Marquez seperti dikutip dari Motorsport.

“Ada banyak naik dan turun, khususnya dari para pembalap Yamaha. Kemudian juga [Andrea] Dovizioso tidak terlalu konsisten,” ia melanjutkan.

Marquez mengaku ikut termotivasi dengan pencapaian Mir di MotoGP. Mir hanya butuh waktu dua tahun untuk menjadi juara di kelas MotoGP.

“Marc akan kembali, jadi segalanya akan kembali sulit dan akan lebih sulit,” ia melanjutkan.Adik dari Marc Marquez itu melihat sukses yang diraih Mir jadi bukti apapun mungkin terjadi di MotoGP. Namun, ia tidak memungkiri balapan untuk menjadi yang terbaik musim depan bakal lebih sulit dengan kembalinya The Baby Alien.

“Di MotoGP segalanya mungkin dan Anda hanya perlu percaya. Itu [Mir juara MotoGP] contoh bagus untuk pembalap lain dari Moto2, bahwa di MotoGP jika Anda bekerja keras, jika Anda memiliki motor yang tepat, Anda juga bisa menjadi juara dunia.”

Marquez sendiri tampil bagus di musim pertamanya bersama Honda. Ia dua naik podium di MotoGP Prancis dan Aragon.

Live streaming MotoGP Portugal, Minggu (22/11), bisa disaksikan di CNNIndonesia.com, sementara siaran langsung balapan dapat ditonton di Trans7.