Media Malaysia Bingung Timnas Indonesia Senior Tak Kunjung Latihan

KUALA LUMPUR – Media Malaysia heran dengan Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang tak kunjung latihan untuk persiapan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Padahal Federasi Sepakbola Asia (AFC) telah resmi menjadwalkan laga sisa fase grup harus rampung sebelum 15 Juni 2021.

Dengan begitu, setiap negara peserta, termasuk Indonesia akan bertanding pada 7 dan 8 Maret. Kemudian pertandingan akan dilanjutkan pada 9 dan 10 Juni 2021.

Foto/PSSI

Timnas Indonesia yang belum melakukan persiapan membuat media Malaysia, Vocket FC, bingung. Padahal, menurut mereka, Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) menargetkan kemenangan di tiga laga sisa babak kualifiasi Piala Dunia 2020.

 

“Timnas Indonesia terakhir kali menggelar TC pada Agustus lalu. Sampai saat ini, skuat Garuda belum lagi dikumpulkan, meski ada dua jeda internasional pada 7-15 Oktober dan 11-19 November ini,” tulis mereka dalam laporannya.

“Padahal, PSSI menargetkan Timnas Indonesia meraih kemenangan di tiga pertandingan sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022, juara Piala AFF 2020, hingga menaikkan ranking FIFA,” tambah laporan Vocket FC.

Timnas Indonesia telah dipastikan gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2022. Namun, Skuad Garuda masih punya peluang untuk rerus untuk melaju ke Piala Asia 2023 lewat jalur kualifikasi serta menaikkan ranking FIFA.

Dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Indonesia berada di posisi terbawah. Skuad Garuda selalu kalah dalam lima pertandingan.

Timnas Indonesia masih menyisakan tiga pertandingan di fase grup ini. Masing-masing menghadapi Thailand, Uni Emirat Arab (UEA), dan Vietnam.

Saat ini, PSSI memilih fokus dengan Timnas Indonesia U-16 asuhan Bima Sakti dan Timnas U-19 asuhan Shin Tae-yong. Kedua tim kelompok umur tersebut berhasil lolos ke putaran final Piala Asia 2020.

Sedangkan Timnas Indonesia U-19 dipersiapkan untuk tampil di putaran final Piala Dunia U-20 2020, di mana Indonesia resmi menjadi tuan rumah. Timnas Indonesia U-19 juga terus memperiapkan diri dengan berlatih di Kroasia selama dua bulan, September-Oktober. Mereka juga akan kembali berlatih di luar negeri setelah menjalani pemusatan di Jakarta.