Menanti Bukti Bek-Bek Liverpool yang Diremehkan

 

Liverpool mendatangkan dua bek tengah sekaligus jelang penutupan bursa transfer paruh musim Liga Inggris. The Reds merekrut Ozan Kabak dan Ben Davies.

Kabak didatangkan Liverpool dengan status pinjaman selama enam bulan dengan opsi pembelian permanen. Sedangkan Davies dibeli dari klub Championship, Preston North End dengan biaya transfer 1,6 juta poundsterling atau setara Rp30 miliar.

Kabak dan Davies jelas bukan masuk kategori bek elite di Eropa. Nama keduanya jelas kalah tenar dibandingkan Kalidou Koulibaly (Napoli), Dayot Upamecano (RB Leipzig), atau Eder Militao (Real Madrid).

 

Dua nama pertama juga rutin dikaitkan dengan Liverpool sejak cedera parah yang dialami Virgil Van Dijk dan harus absennya Joe Gomez. Van Dijk dan Gomez diprediksi absen hingga akhir musim.

Namun, tidak ada satupun dari Koulibaly dan Upamecano yang akhirnya direkrut Jurgen Klopp. Hal ini bisa dimaklumi mengingat Napoli dan Leipzig mematok harga tinggi buat klub peminat.

Pilihan Klopp pun akhirnya jatuh ke Kabak dan Davies yang dari segi harga lebih ekonomis. Perekrutan yang langsung menuai cibiran dari banyak pihak, terutama pengamat sepak bola di Negeri Ratu Elizabeth itu.

Kabak direkrut Liverpool saat Schalke tengah terpuruk di posisi juru kunci Bundesliga. Kabak yang jadi langganan starter tidak bisa berbuat banyak menolong The Royal Blues yang sudah kebobolan 49 gol dari 19 laga.

Selain itu, bek asal Turki itu juga punya rekam jejak yang tidak terlalu baik musim ini. Kabak pernah dihukum larangan tampil dalam lima laga plus denda karena meludahi pemain lawan.

Keraguan serupa juga menyasar Davies. Pemain berusia 25 itu sama sekali tak punya pengalaman mengarungi kerasnya Premier League.

Kehadiran Kabak dan Davies tak pelak memunculkan beberapa pertanyaan. Apakah keduanya punya kemampuan dan mental untuk mengawal pertahanan Liverpool yang dikenal solid saat Van Dijk belum cedera? Apakah Kabak dan Davies bisa jadi solusi di tengah badai cedera pemain belakang yang menimpa juara bertahan Liga Inggris itu?Sejak debut di usia 17 bersama Preston, Davies hanya bermain di klub seperti York City, Fleetwood Town, Newport County, Southport FC, dan Tranmere Rovers. Cerita karier Davies banyak dihabiskan di tim-tim kasta bawah hingga akhirnya direkrut Liverpool.